DPR Minta Mendikbud Evaluasi Program 'Belajar dari Rumah'

DPR Minta Mendikbud Evaluasi Program 'Belajar dari Rumah'

Kamis, 30 April 2020

DPR Minta Mendikbud Evaluasi Program 'Belajar dari Rumah'

Belajardirumah.org -  Anggota Komisi X DPR RI Zainuddin Maliki, meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengevaluasi pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau yang disebut Belajar dari Rumah (Darum). Sebab menurutnta, sejauh ini yang dilaporkan masih menyangkut jumlah siswa yang jadi peserta kebijakan tersebut.

“Yang diperlukan bukan hanya jumlah keikutsertaan siswa, tetapi perlu dievaluasi efektivitas pembelajaran itu sendiri,” ujar Zainuddin dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

“Saya kira survei yang sudah dilakukan KPAI sangat membantu dalam mengevaluasi efektivitas belajar Darum ini,”katanya menambahkan. 

Menurut Zainuddin, secara umum harus diakui bahwa guru-guru sudah berusaha bekerja keras selama pandemi. Namun, kata dia, evaluasinya belum bisa mengantar siswa mencapai tujuan instruksional yang diinginkan. Masalahnya, kata Zainuddin, mayoritas siswa mengaku tidak bisa berinteraksi dengan guru.

“Interaksi hanya terjadi ketika memberi dan menagih tugas yang bertubi-tubi. Ujungnya, siswa menilai belajar di sekolah lebih menyenangkan daripada Darum,” terang legislator Jawa Timur itu.

Dari evaluasi nantinya, lanjutnya, diharapkan Kemdikbud bisa segera mengambil langkah. Dalam hal ini harus bisa memberi kesempatan guru melakukan pelatihan, tentu secara virtual.

“Sembari menjalankan tugas mengelola PJJ, guru juga perlu berlatih mengelola belajar Darum dengan benar. Diharapkan dari pelatihan itu, guru lebih inovatif, tidak sekadar mengisi PJJ hanya dengan memberi dan menagih tugas semata,” katanya.

Kemdikbud, tambah dia, juga harus bisa mengajak dan memfasilitasi guru menyisihkan waktu meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi pembelajaran daring.

“Fasilitasi guru mengadaptasikan teknologi PJJ yang tiba-tiba harus digeluti ini untuk bisa dilaksanakan secara efektif, sehingga siswa belajar Darum dengan senang,” kata Zainuddin menandaskan.  

Sumber : rilis