Mendikbud Nadiem Beri Paket Internet Gratis 90 Hari Bagi 10 Ribu Guru, Berikut Cara Mendapatkannya

Advertisement

Mendikbud Nadiem Beri Paket Internet Gratis 90 Hari Bagi 10 Ribu Guru, Berikut Cara Mendapatkannya

Rabu, 13 Mei 2020

Nadiem Bolehkan Guru-Siswa Beli Kuota Internet Pakai Dana BOS

Belajardirumah.org -  Kegiatan mengajar dari rumah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan pengajar. Namun, biaya yang diperlukan untuk bisa online semakin lama terasa berat.

Atas dasar itulah, Google bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan operator seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren menyediakan paket data gratis selama 90 hari bagi 10.000 pengajar di seluruh Indonesia.

Paket data hingga 30 GB itu akan didistribusikan oleh REFO dan Guru Berbagi, platform yang fokus untuk membagikan praktik-praktik terbaik untuk pembelajaran jarak jauh.

"Kampanye Mengajar dari Rumah bersama portal Guru Berbagi merupakan sebuah inisiatif positif,” ujar Iwan Syahril PhD, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, dalam rilisnya, pada Rabu (13/5).

Menurutnya, inisiatif ini merupakan perwujudan kolaborasi pemerintah dan swasta untuk mendukung guru. Semoga inisiatif ini dapat memotivasi guru untuk melakukan pembelajaran yang bermakna bagi murid selama masa belajar dari rumah.

Mulai hari ini (13/5), para pengajar dapat mendaftarkan diri di situs Guru Berbagi hingga 20 Mei tahun ini. Sambil mengirimkan esai reflektif (maksimum 1.000 kata) yang menguraikan pengalaman mereka mengajar dari rumah. Kemudian bagaimana dampak yang dirasakan para murid mereka.

Guru Berbagi akan menyeleksi para pemenangnya dan paket data gratisnya akan ditambahkan ke nomor telepon yang dipakai masing-masing pengajar asalkan mereka memakai nomor dari kelima penyedia itu. Paket data akan aktif selama 90 hari, setelah didistribusikan.

Adapun paket datanya akan aktif selama 90 hari setelah didistribusikan dan para pengajar bisa mendaftarkan diri hingga 20 Mei 2020. Berikut informasi penting terkait kampanye tersebut:

Syarat:

  • Berprofesi sebagai guru
  • Memiliki akun di portal Guru Berbagi dengan SIMPKB/SIMPATIKA


Ketentuan Artikel:

  • Tulis artikel tentang refleksi pembelajaran sebanyak antara 300-1.000 kata
  • Unggah RPP yang menjadi dasar refleksi di portal Guru Berbagi
  • Tulis refleksi pembelajaran atau praktik baik Anda dalam menagajar jarak jauh (berdasarkan RPP yang sudah diunggah)
  • Unggah artikel Anda paling lambat tanggal 20 Mei 2020
  • Kuota internet 30GB gratis untuk pengirim artikel terpilih


Tentang Refleksi:

  • Bagaimana strategi pembelajaran daring yang Anda lakukan? (apa topiknya, tujuannya, dan strateginya?)
  • Bagaimana reaksi/pendapat murid-murid Anda atas proses pembelajaran tersebut? Mengapa murid-murid Anda berpendapat seperti itu?
  • Apa refleksi Anda terhadap proses pembelajaran tersebut? Adalah hal baru yang Anda pelajari dari proses tersebut?
  • Adalah hal-hal yang bisa diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?


Untuk mendaftar di portal Guru Berbagi silakan kunjungi tautan ini DISINI. Isi data-data yang dibutuhkan pada proses registrasi.

Bagi yang sudah memiliki akun GURU SIMPKB, akun Program Organisasi Penggerak atau akun SIMPATIKA tak perlu registrasi silakan login dengan klik atau ketuk tombol MASUK.