Transisi Masuk Sekolah Usai Corona: Belajar Disekolah 1 Hari Dalam Seminggu

Transisi Masuk Sekolah Usai Corona: Belajar Disekolah 1 Hari Dalam Seminggu

Jumat, 15 Mei 2020

Ilustrasi siswa SD

Belajardirumah.org -  Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan tengah menyiapkan skema menormalkan kembali kegiatan sekolah bagi siswa di Jakarta. 

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, tengah merancang transisi jam efektif sekolah selama 2 bulan. Skemanya dengan hanya efektif belajar di sekolah 1 hari dalam seminggu di minggu pertama. 

"Kami juga merancang secara umum melakukan masa transisi selama 2 bulan atau 8 minggu di mana pada minggu pertama dan minggu kedua sekolah hanya masuk 1 hari dan selebihnya anak di rumah ini bergantian dan dengan harapan 14 hari siklus tadi sudah bisa dilihat untuk melihat kesiapannya," ujar Nahdiana dalam rapat bersama Anies, dikutp Kamis (14/5). 

Kemudian di tahap berikutnya, akan dibuat transisi dengan memberlakukan masuk sekolah hanya setiap 2 minggu. Sisanya akan belajar di rumah seperti sekarang. 

"Masuk siklus 2 di mana 2 minggu belajar di sekolah dan 2 minggu di rumah juga secara bergantian. Lalu siklus ketiga adalah ketika sudah ada adaptasi di siklus kedua. Maka siklus ketiga kita mulai bergantian 1 minggu sekali yang kami rencanakan dan diskusikan dengan teman-teman yang kami ajak diskusi," jelasnya. 

Jika selama menjalani keduanya sudah dianggap aman, maka sekolah bisa kembali normal sesuai kebijakan dari pemerintah tentu memperhatikan kondisi pandemi virus corona. Namun jika belum dinyatakan aman, pihaknya akan melakukan kembali kesiapan proses belajar di rumah.

Sumber : Kumparan