Berkaca dari Pandemi, Jokowi Minta Mendikbud Adaptasi KBM Jarak Jauh 4 Negara Ini -->

Berkaca dari Pandemi, Jokowi Minta Mendikbud Adaptasi KBM Jarak Jauh 4 Negara Ini

Kamis, 04 Juni 2020

Berkaca dari Pandemi, Jokowi Minta Mendikbud Adaptasi KBM Jarak Jauh Negara Lain

Belajardirumah.org -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bisa mengadaptasi cara pembelajaran jarak jauh dari negara lain. 

Hal ini berkaca dari Virus Corona yang sedang menjangkiti dunia sehingga memaksa tiap negara terjangkit untuk menutup sekolah. Kegiatan belajar mengajar pun dilakukan secara daring atau online, sejak Pandemi Covid-19.

"Banyak negara di dunia sudah mulai mengadaptasi sistem pendidikan mereka, baik itu pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, menengah, vokasi dan perguruan tinggi untuk memenuhi kebutuhan perubahan besar yang ada," kata Jokowi dalam rapat terbatas terkait peta jalan pendidikan tahun 2020-2035 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

Sebab itu, Jokowi minta pada jajarannya agar menjadikan negara lain tolak ukur dengan sistem pendidikan di Indonesia. Hal tersebut kata Jokowi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perubahan di masa depan.

"Seperti di Australia untuk PAUD, Finlandia untuk pendidikan dasar dan menengah, di Jerman untuk pendidikan vokasi, di Korea untuk pendidikan tinggi," kata Jokowi.

Kemudian Jokowi juga berharap Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibangun yaitu memiliki kriteria yang berkarakter, berahlak mulia. Pendidikan tersebut kata Jokowi tidak boleh dilupakan.

"Pendidikan karakter tidak boleh dilupakan karena ini merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan mental dan karakter bangsa," ungkap Jokowi. [rhm]