Menko PMK: Presiden Targetkan Vaksin Covid-19 Diproduksi Akhir Tahun Ini -->

Menko PMK: Presiden Targetkan Vaksin Covid-19 Diproduksi Akhir Tahun Ini

Kamis, 04 Juni 2020

Ilustrasi vaksin corona

Belajardirumah.org -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan bahwa Indonesia memiliki target bisa memproduksi vaksin sendiri pada akhir tahun ini.

Hal tersebut dikemukakan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui video conference, Jakarta, Kamis (4/6/2020).

"Terkait vaksin, Indonesia harus mandiri. Target Indonesia bisa memproduksi akhir tahun in," kata Muhadjir dalam konferensi pers.

Muhadjir mengatakan kepala negara telah menginstruksikan kepada peneliti untuk menemukan vaksin yang bisa digunakan untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, vaksin yang saat ini dicari negara lain pun akan memprioritaskan masyarakatnya sendiri.

"Sekarang ada 147 pihak di dunia yang bergerak menyusun vaksin. Tapi mereka nanti pertama-tama akan digunakan untuk kebutuhan sendiri," jelasnya.

"Sementara kita punya 270 juta warga sehingga mau tidak mau tidak mungkin mengandalkan impor. Jadi harus siap melakukan riset vaksin untuk Indonesia sendiri," katanya. (Sumber : Kompas )