Ngeri! Sekolah Dibuka, 1.800 Siswa dan 98 Guru di Negara Ini Positif Virus Corona -->

Ngeri! Sekolah Dibuka, 1.800 Siswa dan 98 Guru di Negara Ini Positif Virus Corona

Rabu, 17 Juni 2020

Sekolah dibuka baru 15 hari, 1800 siswa langsung terinfeksi corona

Belajardirumah.org -  Setidaknya 1.800 pelajar dan 98 guru di provinsi episentrum Covid-19 Afrika Selatan, Western Cape, telah dinyatakan positif terkena virus corona Covid-19, dan memaksa pemerintah setempat menutup kembali 20 sekolah untuk kegiatan belajar.

Seperti dilansir theeastafrican, sekolah-sekolah akan didisinfeksi dalam minggu ini.

Sebelumnya Pemerintah Afrika Selatan itu mengizinkan sekolah dibuka kembali sejak 1 Juni lalu, setelah melonggarkan pembatatasan.

“Dibukanya kegiatan sekolah tidak menyebabkan lonjakan kasus. Dari jumlah ini, 1.537 kasus dilaporkan sebelum sekolah dibuka kembali," kata Menteri Pendidikan Western Cape, Debbie Schafer, Senin (15/6/2020)

Departemen Pendidikan provinsi telah menghabiskan US $ 16,3 juta untuk perlengkapan kebersihan. Murid dan guru masing-masing diberi dua masker pelindung, sementara sekolah dilengkapi dengan termometer digital, pembersih tangan, sabun cair, dan persediaan pembersih.

Pemimpin oposisi Mmusi Maimane, mantan pemimpin Aliansi Demokratik dan sekarang memimpin kelompok masyarakat sipil Gerakan Satu Afrika Selatan, mengatakan masih terlalu dini bagi anak-anak untuk kembali ke sekolah.

Menurut Maimane, Afrika Selatan telah mencatat hampir 55.421 kasus virus korona dan 1.210 kematian pada Kamis tengah hari menurut statistik pemerintah, Maimane merasa lingkungan belum kondusif untuk kembali ke ruang kelas.

“Presiden Cyril Ramaphosa telah gagal menanggapi surat dan petisi kami. Kami memberinya 48 jam. Dia meninggalkan kita tanpa pilihan. Kami telah melibatkan Advokat Dali Mpofu dan kami akan bertemu pemerintah ini di pengadilan. Kami tidak akan bertaruh dengan kehidupan anak-anak kami, ” pungkas Mmusi Maimane.