Daerah Ini Sebut Belajar Tatap Muka di Sekolah Segera Digelar Mulai Dari SD SMP SMA

Advertisement

Daerah Ini Sebut Belajar Tatap Muka di Sekolah Segera Digelar Mulai Dari SD SMP SMA

Minggu, 26 Juli 2020

Sejumlah siswa SD mengayuh sepedanya saat pulang dari sekolahnya di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin, 13 Juli 2020. Pada hari pertama masuk sekolah di sebagian besar satuan pendidikan di wilayah NTB belum melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka dan masih dilakukan dari rumah secara daring atau bentuk lain memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki secara optimal karena kasus COVID-19 di NTB masih tinggi. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Belajardirumah.org -   Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya segera mengizinkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah secara bertahap. KBM bisa dilakukan di sekolah yang berada di kecamatan zona hijau.

"Pemerintah kota dan kabupaten bisa membuka kembali KBM tatap muka, tetapi sekolah tersebut harus berada di kecamatan yang statusnya zona hijau atau dengan kata lain tidak bisa langsung serentak," kata Ridwan Kamil di Sukabumi, Sabtu, 25 Juli 2020.

Menurut Ridwan, pemberlakuan KBM tatap muka juga akan dimulai dari tingkat SMA sederajat. Jika hasil evaluasi bagus, maka dilanjutkan ke tingkat SMA, SD hingga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Bagi sekolah yang sudah siap melaksanakan KBM tatap muka, Ridwan meminta agar segala sesuatunya dipersiapkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan guru, pelajar maupun warga sekolah lainnya agar tidak tertular Covid-19. "KBM harus mengedepankan protokol kesehatan di sekolah, maka dari itu kepala sekolah harus mengontrol pelaksanaan KBM dan harus menyediakan berbagai peralatan sebagai upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata dia.

Sekolah, menurut Ridwan, bisa melakukan shifting jadwal masuk dan tidak bisa memaksa seluruh pelajar masuk sekolah untuk melaksanakan KBM tatap muka jika ada orang tua murid yang masih khawatir akan kesehatan anaknya. (Sumber : Tempo)