KABAR GEMBIRA ! Telkomsel dan Nadiem Beri Kuota Internet Murah untuk Dosen-Mahasiswa

KABAR GEMBIRA ! Telkomsel dan Nadiem Beri Kuota Internet Murah untuk Dosen-Mahasiswa

Selasa, 21 Juli 2020

Nadiem Makarim akan dirikan empat pusat baru - ANTARA News Aceh

Belajardirumah.org -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Telkomsel untuk mendukung proses pembelajaran di perguruan tinggi. Dengan adanya kemitraan ini, dosen, tenaga pendidik, karyawan hingga mahasiswa akan mendapatkan kuota internet dengan harga terjangkau.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada 4.760 perguruan tinggi di Indonesia selama 17 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2021. Para penerima manfaat dapat mengajukan pendaftaran melalui tsel.me/TselEdu untuk mendapatkan kuota internet murah.

Sebelumnya, Telkomsel berkolaborasi bersama Kementerian Agama untuk memberikan bantuan serupa kepada institusi pendidikan Islam di Indonesia. Kini, perusahaan telekomunikasi itu menggandeng kementerian yang dipimpin oleh Nadiem Makarim.

“Perluasan inisiatif ini diharapkan mampu membantu sektor pendidikan dan seluruh insan di dalamnya untuk beradaptasi dan melewati masa sulit,” ujar SVP Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir dikutip dari siaran pers, Jumat (17/7).

Ia berharap, bantuan itu berdampak positif bagi seluruh elemen di perguruan tinggi di Indonesia. Utamanya, karena siswa hingga mahasiswa diminta untuk belajar dari rumah guna meminimalkan risiko penularan virus corona.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengatakan, biaya paket internet menjadi salah satu tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran secara online. “Ini terutama dirasakan oleh mahasiswa yang tidak mampu dan perguruan tinggi yang memiliki alokasi dana terbatas,” kata dia.

Ia berharap, bantuan itu mendukung penyelenggaraan pembelajaran secara online selama pandemi corona. 

Bantuan yang diberikan berupa kuota internet hingga 50 Gigabyte (GB) dengan harga mulai dari Rp 40 ribu. Kuota internet ini dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi menu akses (UMB) *168#.

Pada Mei lalu, Google dan Kemendikbud menyediakan paket data internet gratis selama 90 hari bagi 10 ribu guru di Indonesia. Keduanya juga bekerja sama dengan operator seluler seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren untuk menyediakan fasilitas tersebut.

Paket internet yang diberikan hingga 30 GB. Kuota internet ini akan didistribusikan oleh REFO dan Guru Berbagi, platform yang berfokus membagikan praktik-praktik pembelajaran jarak jauh.