Ketua MPR Minta Pemerintah Gelar Rapid Tes Sebelum Sekolah Dibuka

Ketua MPR Minta Pemerintah Gelar Rapid Tes Sebelum Sekolah Dibuka

Jumat, 03 Juli 2020

Ketua MPR Bambang Soesatyo usai menjadi pembicara di acara seminar tentang intoleransi yang diselenggarakan SETARA Institute di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Belajardirumah.org -  Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah menggelar rapid test atau tes cepat sebelum sekolah di zona hijau Covid-19 dibuka. Tes tersebut untuk memastikan sekolah bebas dari Covid-19. 

"Kami mendorong pemerintah bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melaksanakan tes cepat (rapid test) bagi siswa maupun guru, untuk memastikan wilayah sekolah bersih dari wabah pandemi Covid-19," kata Bambang melalui keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020).

Bambang juga meminta pemerintah memastikan terlebih dahulu fasilitas di sekolah yang bersangkutan agar memenuhi protokol kesehatan, mengingat keselamatan siswa merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan.

Ia mengingatkan jangan sampai pembukaan sekolah menjadi klaster baru penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Bambang juga meminta pemerintah memprioritaskan pemberian izin untuk kegiatan belajar di sekolah-sekolah yang sudah memiliki infrastruktur, SDM, dan fasilitas yang memadai dalam menerapkan protokol Covid-19.

Ia pun mengingatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk terus mengawasi sekolah-sekolah yang akan melakukan pembelajaran tatap muka.

"Pihak sekolah juga harus dapat memberikan laporan kepada orang tua siswa secara rutin mengenai kegiatan di sekolah dan proses pembelajarannya, sehingga orang tua tidak merasa khawatir terhadap anak mereka di sekolah," lanjut dia. (Sumber : Kompas)