TERBARU ! Cara Dapat Kuota Gratis 35GB untuk Belajar Online, Subsidi Khusus Siswa, Guru, Mahasiswa dan Dosen

TERBARU ! Cara Dapat Kuota Gratis 35GB untuk Belajar Online, Subsidi Khusus Siswa, Guru, Mahasiswa dan Dosen

Sabtu, 29 Agustus 2020

Bu Retno Terkejut, Kirim Surat Terbuka untuk Mas Nadiem Makarim - JPNN.com

Belajardirumah.org -   Berikut Daftar Paket Internet Murah Belajar Online 10GB Cuma Rp 10, kini  ada Promo Telkomsel lengkap dengan cara aktivasi. Terbaru, pemerintah memberikan Kuota Gratis 35GB untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Selama ini provider di Indonesia menggeber Paket Internet Murah untuk Belajar Online, Kuota Gratis atau Bonus Kuota hingga Paket Internet Gratis. Mulai program Promo Telkomsel, dan kini pemerintah berikan puluhan GB untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Beragam Promo Telkomsel dan Paket Internet Murah dan Kuota Gratis dari Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL Axiata tersedia lewat pilihan di antara Kode Promo dan diakses di luar MyTelkomsel. Cara aktivasi ada di artikel ini.

Daftar kode promo paket kuota internet murah pun disediakan untuk memberikan layanan terbaik pada pengguna internet. Bentuknya pun beragam, mulai program Promo Telkomsel, XL Axiata hingga Indosat Ooredoo.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah memberikan subsidi kuota gratis internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebesar Rp 9 triliun.

Hal ini disampaikan Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

"Alhamulillah kami dapat dukungan dari menteri-menteri untuk anggaran pulsa atau kuota gratis untuk peserta didik kita di masa PJJ ini, jadi dengan senang hati saya mengumumkan hari ini. Kami mendapat persetujuan anggaran Rp 9 triliun untuk tahun ini," kata Nadiem.

Nadiem mengatakan, subsidi kuota gratis internet ini akan dikerahkan selama tiga sampai empat bulan ke depan dan akan segera dicairkan.

"Ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota gratis bagi siswa, guru, mahasiswa, dosen selama tiga empat bulan ke depan. Ini kami akselerasi secepat mungkin biar bisa cair," ujarnya.

Nadiem mengatakan, selama ini pihaknya berupaya untuk mendapatkan anggaran tambahan untuk menjawab kecemasan masyarakat selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Saya tidak akan berhenti di sini. Alhamdulillah janji saya pulsa tercapai. Tim kemendikbud saya apresiasi, terutama Ibu Menkeu. Eselon 1 Kemenkeu yang telah bekerja keras mengamankan anggaran ini dari dana cadangan kita," ucapnya.

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan, Kemendikbud juga memberikan tunjangan profesi untuk guru, tenaga kependidikan, dosen dan guru besar sebesar Rp 1,7 triliun.

"Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi dosen sebesar 1,7 T," pungkasnya.

Rincian Subsidi Kuota Internet atau Kuota Gratis

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan memberikan subsidi kuota gratis atau pulsa serta kuota internet kepada guru, dosen, pelajar. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud, Sutanto, mengatakan pemberian kuota gratis internet akan langsung diberikan ke nomor telepon seluler siswa dan guru.

Rencananya Mendikbud Nadiem Makarim akan memberikan subsidi kuota internet selama empat bulan, yakni September hingga Desember 2020. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 8,9 triliun. 

Menurut Sutanto, subsidi pulsa atau kuota gratis internet untuk siswa akan diberikan sebesar 35 gigabyte (GB) per bulan.

Lalu untuk guru sebesar 42 GB, mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

"Kami meminta agar sekolah segera mengidentifikasi nomor telepon siswa dan guru dan segera memasukkan nomornya di Dapodik. Bantuan ini diberikan untuk membantu pelaksanaan PJJ (pembelajaran jarak jauh)," demikian Sutanto.

Sutanto menegaskan bahwa subsidi pulsa dalam bentuk kuota internet dan bukan dalam bentuk uang tunai.

Dengan demikian diharapkan subsidi kuota internet dapat membantu penyelenggaraan PJJ.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengapresiasi langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan subsidi kuota internet gratis.

Meski demikian, Wakil Sekretaris Jenderal FSGI, Satriwan Salim, mengingatkan Nadiem Makarim tidak melupakan bantuan untuk guru dan siswa yang melakukan PJJ di luar jaringan atau luring.

Beberapa kendala yang terjadi pada proses belajar di luar jaringan ialah ketersediaan listrik, jaringan internet, kepemilikan gawai, hingga sulitnya akses guru kunjung ke rumah siswa. 

"Persoalan itu hendaknya juga perlu diintervensi oleh Kemendikbud bersama dengan kementerian dan lembaga lainnya dan juga pemerintah daerah," kata Satriwan. (Sumber : tribunnews)