Kabar Baik! Listrik Gratis PLN bagi Pelanggan 450VA dan 900VA Subsidi Diperpanjang hingga Desember

Advertisement

Kabar Baik! Listrik Gratis PLN bagi Pelanggan 450VA dan 900VA Subsidi Diperpanjang hingga Desember

Rabu, 12 Agustus 2020

tribunnews

Belajardirumah.org -   Program Listrik Gratis dari pemerintah untuk pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA Subsidi diperpanjang, Selasa (11/8/2020).

Kabar gembira datang dari perpanjangan program listrik yang diberikan oleh pemerintah. Kali ini, perpanjangan kembali diberikan oleh pemerintah hingga bulan Desember 2020 mendatang.

Adapun, program listrik gratis dan diskon ini diperuntukkan bagi pelanggan golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi.

Selain itu, golongan bisnis dan industri yang terdaftar dengan daya 450 VA juga mendapatkan tagihan gratis hingga Desember 2020.

Program listrik yang semula menjadi stimulus COVID-19 ini mulanya diberlakukan hingga September mendatang bagi pelanggan rumah tangga.

Sementara untuk pelanggan bisnis dan industri, awalnya ditetapkan hanya sampai Oktober mendatang.

Seperti dilansir dari artikel Kompas.com berjudul  "Program Listrik Gratis Diperpanjang hingga Desember 2020", Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan bahwa kebijakan perpanjangan program listrik gratis ini berlanjut karena dampak pandemi yang belum usai.

"Kita tenggarai dampak pandemi terus belanjut, maka negara hadir kembali," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/8/2020).

Dengan adanya perpanjangan tersebut, Rida meminta kepada penerima stimulus untuk tetap menjaga konsumsi listrik nya pada batas wajar.

Sekiranya penerima bantuan ingin berkontribusi pada pandemi covid ini, akan lebih bijak sekiraya suadara-saudara kita menggunakan energi listriknya secara hemat atau secara bijak," tuturnya.

Lebih lanjut, Rida menyebutkan, jumlah penerima stimulus, khususnya golongan rumah tangga terus bertambah, seiring berlanjutnya pandemi Covid-19.

Sampai saat ini, terdapat 24,16 juta pelanggan rumah tangga 450 VA yang mendapatkan listrik gratis dan 7,72 juta pelanggan rumah tangga 950 VA subsidi yang mendapatkan diskon 50 persen.


Anggaran yang diperlukan untuk merealisasikan stimulus golongan rumah tangga sampai akhir tahun sebesar Rp 12,18 triliun.

Sementara itu, untuk penerima stimulus golongan bisnis 450 VA mencapai 501.000 pelanggan, dan golongan industri 450 VA sebanyak 433 pelanggan.

Anggaran yang diperlukan untuk kedua golongan tersebut sebesar Rp 151 miliar. "Jangan karena ditanggung negara jor-joran menggunakan listiriknya, kasian juga rakyat yang lain," ucap Rida.

Pengguna listrik pascabayar secara otomatis akan diberikan listrik gratis atau potongan 50 persen.

Sementara pengguna listrik prabayar (token) bisa klaim listrik gratis melalui dua cara berikut.

1. Website PLN www.pln.co.id

- Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

- Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

- Pelanggan tinggal memasukkan token listrik gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Tampilan website PLN www.pln.co.id untuk mendapatkan token listrik gratis, stimulus dampak Virus Corona (COVID-19). (www.pln.co.id)

Apabila cara klaim dengan Whatsapp sudah kembali bisa digunakan, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut: 

2. WhatsApp PLN 08122-123-123

- Buka aplikasi WhatsApp.

- Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.
Token gratis akan muncul.

- Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

- Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir