Pasca-jaringan Lumpuh, Telkomsel Jual Paket Data 5 GB Hanya Rp 1, Begini Caranya

Pasca-jaringan Lumpuh, Telkomsel Jual Paket Data 5 GB Hanya Rp 1, Begini Caranya

Kamis, 13 Agustus 2020

Gedung Telkom di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau.

Belajardirumah.org -  Pihak Telkomsel memberikan paket data murah kepada pelanggan pasca-lumpuhnya jaringan akibat gedung Telkom terbakar di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyampaikan bahwa pihaknya memberikan apresiasi berupa paket data spesial untuk pelanggan Telkomsel di 94 kota di Sumatera bagian utara dan tengah.

"Sebagai bentuk apresiasi kami atas kepercayaan pelanggan yang tetap menggunakan layanan Telkomsel, kami menghadirkan paket spesial, khusus untuk pelanggan yang berada di 94 kota pada lima Provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, yang terdampak penurunan kualitas layanan pada 11 Agustus 2020," ucap Denny dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (13/8/2020).

Paket spesial ini, lanjut dia, menghadirkan berupa paket data atau internet sebesar 5 GB di semua jaringan, 100 menit telepon, dan 100 SMS ke sesama nomor Telkomsel yang berlaku selama dua hari sejak pengaktifan.

Pelanggan, baik pengguna layanan prabayar maupun pascabayar, dapat mengaktifkan paket spesial tersebut melalui UMB *888*20# mulai tanggal 13 hingga 19 Agustus 2020, hanya dengan Rp 1.

"Paket ini dapat diakses maksimal satu kali untuk tiap pelanggan selama periode aktivasi," sebut Denny.

Sementara itu, menurut Denny, layanan komunikasi baik telepon, SMS, maupun akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang terdampak kini sudah pulih dan dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan.

Namun, untuk di wilayah Kota Pekanbaru belum sepenuhnya normal.

"Khusus untuk sejumlah titik di Kota Pekanbaru masih dalam proses percepatan pemulihan jaringan secara berkala," sebut Denny.

Pihaknya menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan masukan pelanggan dalam percepatan proses pemulihan layanan secara menyeluruh. Kemudian, semoga dengan adanya paket spesial dari kami dapat dimanfaatkan oleh pelanggan kami untuk saling terhubung melalui jaringan dan layanan terdepan Telkomsel," pungkas Denny.

Sementara itu, warga di Kota Pekanbaru mengaku tak bisa mendapatkan paket murah tersebut.

Beberapa kali warga mencoba mengakses *888*20#, tetapi tak kunjung mendapat paket murah.

"Dari tadi pagi saya enggak mau. Saat saya coba akses, cuma muncul tulisan 'masalah  sambungan atau kode MMI tidak berlaku'," akui Citra (32), seorang warga Pekanbaru, kepada Kompas.com, Kamis.

Warga Pekanbaru lainnya, Taufik (42), juga mengatakan demikian.

"Tak bisa juga. Jaringan Telkomsel saja masih belum normal," kata Taufik kepada Kompas.com, Kamis.

Gedung Telkom terbakar

Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda gedung Telkom di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kebakaran ini mengakibatkan jaringan Telkomsel lumpuh total total. Jaringan internet, telepon, dan SMS tak bisa terhubung sama sekali.

Bedasarkan pantauan Kompas.com, hingga kini petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru masih melakukan pemadaman. Ada enam unit mobil damkar tampak dikerahkan.

Kobaran api sudah tak tampak lagi karena sudah dipadamkan petugas. Namun, petugas masih melakukan pendinginan untuk mengantisipasi muncul kembali kebakaran.

Bangunan yang terbakar ini merupakan sebuah gedung yang ada di belakang gedung utama Telkom.

Beberapa kaca jendela tampak pecah dan dinding menghitam.

Sejumlah pekerja di kantor Telkom memenuhi pekarangan gedung menyaksikan pemadaman.

Danton Pleton Yudha Damkar Pekanbaru, Tengku Afrizal Kadri, saat ditemui di lokasi mengatakan, api sudah berhasil dikuasai.

"Api sudah berhasil kami kuasai. Saat ini kami sedang melakukan penyisiran untuk antisipasi adanya api di dalam gedung," kata Afrizal kepada Kompas.com, Selasa. (Sumber: kompas.com)