Siap-siap Pemerintah akan Beri Rp 2 Juta untuk Modal Usaha Ibu Rumah Tangga, Tertarik?

Advertisement

Siap-siap Pemerintah akan Beri Rp 2 Juta untuk Modal Usaha Ibu Rumah Tangga, Tertarik?

Rabu, 12 Agustus 2020

Siap-siap Pemerintah akan Beri Rp 2 Juta untuk Modal Usaha Ibu Rumah Tangga,  Tertarik?

Belajardirumah.org -   Pemerinah berencana akan memberikan stimulus usaha berupa pinjaman tanpa bunga yang ditujukan untuk ibu rumah tangga.

Pinjaman yang diberikan tersebut diharap bisa digunakan sebagai modal usaha. Adapun nilainya sebesar Rp 2 juta per orang.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir, mengatakan terkait rencana bantuan kredit modal kerja sebesar Rp 2 juta itu masih dalam proses pembahasan.

Skemanya, kata Iskandar, baru akan diputuskan pemerintah pada pekan ini setelah diadakan rapat Komite Pembiayaan. 

Iskandar menambahkan, pinjaman tanpa bunga ini bukan saja ditujukan untuk ibu rumah tangga, tetapi juga untuk pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK yang ingin memulai usaha.

“Intinya kredit UMKM tersebut adalah kredit lunak ditujukan terutama untuk pegawai yang terkena PHK yang ingin memulai usaha dan ibu rumah tangga yang melakukan usaha mikro,” kata Iskandar dikutip dari Kontan.co.id pada Rabu (12/8/2020).

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan fokus pemerintah saat ini adalah membangkitkan ekonomi pengusaha kecil yang  tidak terjangkau oleh bank atauunbankable.

Mereka yang akan diberi pinjaman merupakan lapisan usaha kecil, yang biasanya mengakses pinjaman dari program PNM Mekar yang mencapai 6,2 juta unit usaha.

“Mereka ini mayoritas perempuan jumlah perusahaannya unit usaha mencapai 6,2 juta," kata Sri Mulyani.

"Mereka tidak mengakses kepada bank, tapi langsung kepada para pemberi pinjaman yang menggunakan dana pemerintah tersebut."

Selain kredit modal kerja tanpa bunga, pemerintah juga merancang bantuan sosial (Bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta kepada 12 juta usaha kecil dengan anggaran sekitar Rp 30 triliun.

Kemungkinan, penyaluran kedua stimulus terbaru tersebut bakal disalurkan kepada usaha yang menggunakan institusi seperti koperasi, pegadaian, Mekar, atau berbagai PNM, dan Bank Wakaf. 

“Saat ini pemerintah memusatkan perhatianya di kelas ini. Sekarang pemerintah memberikan bansos produktif, dan kredit Rp 2 juta tanpa bunga, untuk usaha ultra mikro yang belum bankable,” kata Sri Mulyani. (Sumber : Kompas)