11,8 Juta BLT Telah Ditransfer, Segera Cek Bisa Lewat WhatsApp, Ini Cara nya

11,8 Juta BLT Telah Ditransfer, Segera Cek Bisa Lewat WhatsApp, Ini Cara nya

Senin, 28 September 2020

Belajardirumah.org -    Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 sudah cair per 24 September 2020. Namun paktiknya masih ada penerima BLT yang mengaku belum mendapatkannya.


Saat ini Kemnaker telah menerima 11,8 juta rekening penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan yang telah disalurkan. Jika kamu belum terima segera laporkan, caranya ada di link artikel paling bawah.


Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah jika data calon penerima sudah terverifikasi, maka akan segera menerima subsidi gaji.


"Sebelum gaji masuk ke rekening para calon penerima, data terverifikasi itu akan masuk lebih dulu ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)," ucap Ida dilansir RINGTIMES BALI dari akun instagram @kemnaker Senin 28 September 2020.


Selanjutnya KPPN akan mencairkan bantuan Rp600 ribu tahap 4 kepada bank penyalur, terdiri dari empat bank di Himbara (himpunan bank negara) BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.


Dari himbara, penyaluran uang subsidi akan berlanjut ke rekening calon penerima, baik itu rekening Himbara ataupun rekening bank swasta. Rekening swasta yang tergabung di Himbara menurut keterangan BP Jamsostek ada sekitar 127 Bank hal inilah yang membuat proses penyaluran BLT menjadi lama.


Pihak BP Jamsostek mengimbau perusahaan agar memberi rekening pekerja yang tergabung dalam Perbankan Nasional atau Himbara yang bisa diakses secara kliring atau transfer antar bank.


"Segera komunikasikan dengan karyawan perusahaannya dan segera kirimkan rekening ke BP Jamsostek yang dikirim kembali tolong diperbaiki agar bisa kami proses," kata Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto belum lama ini.


Hingga saat ini sebanyak 2,65 juta orang yang menerima subsidi gaji tahap 4. Sisanya ada 150 ribu yang dikembalikan Kemnaker ke BPJS Ketenagakerjaan (kini BP Jamsostek).


"Secara keseluruhan Kemnaker telah menerima 11,8 juta data calon penerima subsidi gaji atau upah BPJS Ketenagakerjaan," kata menteri Ida.


Bantuan ini dicairkan dalam empat bulan dengan dua kali transfer per dua bulan sebesar Rp1,2 juta.


Sebagaimana dikutip dari Jakbar News BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 Sudah Cair Bisa Cek Lewat Whatsapp, Caranya Seperti Ini, berikut cara mengecek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan :


Bisa pakai 3 cara, sebagai berikut :


Melalui Web


- Masuk ke bpjsketenagakerjaan.go.id

- Masukkan alamat email di kolom user.

- Masukkan kata sandi.

- Setelah masuk, pilih menu layanan.

- Pada menu layanan, pilih cek saldo JHT.

- Masukkan PIN yang telah dikirim melalui SMS.

- Saldo kamu akan ditampilkan.


Apabila belum terdaftar di laman tersebut, bisa melakukan registrasi dengan cara:


- Masuk ke bpjsketenagakerjaan.go.id

- Pilih menu registrasi.

- Isi formulir sesuai dengan data nomor KPJ Aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan email.

- Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN.

- PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.


Melalui SMS


Sebenarnya diperuntukkan untuk mengecek besaran saldo JHT.


Pengecekan saldo JHT juga bisa digunakan sekaligus untuk mengetahui apakah status kepesertaannya masih aktif atau tidak.


Ketik pada layar HP: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (jika ada),

kemudian kirim SMS ke 2757.


Untuk tanggal lahir gunakan format dd-mm-yy.


Melalui WhatsApp


Selain melaui web dan SMS Anda dapat mengecek lewat Whatsapp dengan nomor 08119115910 atau 08551500910.