Belum Daftar? Ini Cara Dapat Kuota Internet Gratis Mas Nadiem

Belum Daftar? Ini Cara Dapat Kuota Internet Gratis Mas Nadiem

Rabu, 23 September 2020

Belajardirumah.org -   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mulai membagikan kuota internet gratis untuk belajar online kepada pelajar mulai hari ini (22/9/2020). Lantas, bagaimana nasib mereka yang belum mendaftar?


Ternyata pendaftarannya belum ditutup. Kalian yang sebelumnya terlambat mendaftar masih bisa mendapatkan kuota internet gratis buat pembelajaran jarak jauh.


"Pada prinsipnya, aplikasi Dapodik dan aplikasi PD DIktu sebagai sumber data terus dibuka sehingga memberikan kesempatan bagi para pihak yang berhak dan terkendala pendaftaran," ujar Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud Evy Mulyani kepada CNBC Indonesia, Selasa (22/9/2020).


Bagi kalian yang terlambat mendaftar harus memastikan dulu memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapokdik).  Kemudian peserta didik atau mahasiswa mendaftarkan nomor ponsel ke pihak sekolah atau kampus.


Setelahnya, operator satuan pendidikan memastikan diri sudah terdaftar di Jaringan Pengelolaan Data Pendidikan dan Kebudayaan dan menginput data nomor ponsel guru dan dosen serta siswa dan siswi di aplikasi Dapodik.


"Sedangkan di jenjang pendidikan tinggi, perguruan tinggi wajib terdaftar di aplikasi PDDikti dan pengelola PDDikti perguruan tinggi menginput data nomor ponsel mahasiswa dan dosen ke aplikasi PDDikti," ujar Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im di Jakarta.


Selanjutnya, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud mengumpulkan data nomor ponsel pendidik dan peserta didik dari aplikasi Dapodik dan PDDikti. Operator seluler bekerja bersama Pusat Data dan Teknologi Informasi untuk mengecek apakah nomor-nomor ponsel tersebut statusnya aktif.


"Sebagai salah satu mekanisme untuk memastikan kebenaran data, pemimpin satuan pendidikan perlu menerbitkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas kebenaran data nomor ponsel yang terinput," tutur Ainun.


Berdasarkan petunjuk teknis, peserta didik PAUD akan mendapatkan kuota internet 20 GB per bulan, peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA akan mendapat 35 GB, dan guru PAUD hingga SMA akan dapat 42 GB. Adapun dosen dan mahasiswa akan dapat kuota internet gratis 50 GB.


Agar tak salah, berikut jadwal penyaluran kuota internet gratis untuk belajar online yang digagas Kemendikbud:



A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:


tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.

tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.



B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:


tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.

tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 202
0


C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:


tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.

tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.