Cara Dapat BLT Non PKH Rp 500 Ribu per KK yang Cair Bulan Ini, Lapor di Sini Jika Bukan Penerima

Cara Dapat BLT Non PKH Rp 500 Ribu per KK yang Cair Bulan Ini, Lapor di Sini Jika Bukan Penerima

Jumat, 25 September 2020

Belajardirumah.org -    Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 500 ribu per kepala keluarga (per KK) yang cair bulan September 2020 ini. Keluarga yang terdaftar bisa melakukan cek dan lapor jika bukan penerima meskipun memenuhi syarat.


Penerima BLT ini harus mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera dan bukan peneriman Program Keluarga Harapan.


Dilansir Berita DIY dari laman resmi Kemensos, Pemerintah telah menganggarkan dana Rp 4,5 triliun.


"Sebanyak 9 juta KPM dari Program Sembako non PKH mendapatkan tambahan bantuan Rp 500 ribu dengan total anggaran senilai Rp 4,5 triliun," kata Dirjen PFM Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama, Rabu 2 September 2020.


Sedangkan proses pencairan bantuan ini akan langsung ditransfer ke Kartu Keluarga Sejahtera.


Kemudian pemegang kartu bisa mencairkannya di ATM atau Kantor Cabang atau e-warong.


Untuk mengetahui apakah kita termasuk sebagai penerima BST atau bantuan langsung tunai (BLT) Rp500 ribu, bisa mengecek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.


Kemudian setelah masuk pada halaman beranda, calon penerima bisa gunakan tiga alternatif untuk melakukan pengecekan, yakni ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).


Setelah pilihan identitas diisi, kita akan langsung bisa memasukan ID/nomor yang kita miliki serta mengisi nama lengkap di kolom akhir.


Setelah itu masukan kode captcha sesuai dengan karakter huruf yang muncul di layar di bawah kolom. Kika sudah selesai lalu klik tombol ‘Cari’.


Sistem yang berada di laman cekbansos.siks.kemsos.go.id akan mencocokan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database.


Jika anda merasa sudah memenuhi syarat atau terdaftar tapi belum juga ditransfer, silakan melapor ke secara online melalui Sistem Informasi Pelaporan Peserta (SIPP) milik BPJS Ketenegakerjaan.***