Formasi 1 Juta Guru Pada CPNS 2021 Divalidasi Menggunakan Dapodik. Simak Penjelasannya

Formasi 1 Juta Guru Pada CPNS 2021 Divalidasi Menggunakan Dapodik. Simak Penjelasannya

Sabtu, 05 September 2020

1 JUTA FORMASI CPNS 2021 - SELEKSI CPNS 2021 AKAN DIBUKA - YouTube

Belajardirumah.org -   Pemerintah menyatakan tidak akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Namun, ada harapan untuk tahun 2021.

Dilansir Kompas.com, Jumat (28/8/2020), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah akan membuka kembali seleksi CPNS pada 2021.

Salah satu formasi yang menurut Tjahjo akan dibuka besar-besaran adalah guru.

"Tahun depan sudah kita sepakati untuk adanya pengadaan 1 juta guru," kata Tjahjo dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2020).

Tahun ini tidak ada CPNS untuk guru karena pemerintah ingin fokus menyelesaikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K). Selain itu juga karena pandemi corona.

Masih validasi

Terkait jumlah 1 juta formasi guru pada CPNS 2021, Kompas.com pun melakukan konfirmasi lebih lanjut ke Kementerian PAN RB.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN RB, Andi Rahadian, terkait jumlah formasi guru pada CPNS tahun depan belum ditetapkan secara pasti.

Ia mengatakan saat ini pihaknya masih dalam proses memvalidasi jumlah kebutuhan CPNS guru.

"Jumlah kebutuhan CPNS guru untuk tahun 2021 saat ini masih dalam proses validasi, termasuk proses validasi dengan menggunakan data dapodik dari Kemdikbud," katanya pada Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Namun, dia mengatakan, diharapkan pada tahun 2021 akan ada rekrutmen CPNS guru.
(Sumber: kompas.com)