Sudah Masuk Atau Belum? Begini Cara Cek Kuota Gratis dari Kemendikbud Untuk Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Advertisement

Sudah Masuk Atau Belum? Begini Cara Cek Kuota Gratis dari Kemendikbud Untuk Telkomsel, XL, Axis, dan Tri

Kamis, 24 September 2020

Belajardirumah.org -    Begini cara cek kuota gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk kartu Telkomsel, XL, Axis, dan Tri.


Seperti diketahui, kuota gratis dari Kemendikbud sudah mulai disalurkan sejak kemarin (22/9/2020). Penyaluran ini dilakukan bertahap dari September sampai Desember 2020.


Nah begini cara mengecek apakah bantuan kuota sudah masuk atau belum.


Telkomsel


Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menerangkan, bantuan kuota internet Kemendikbud dikhususkan bagi pelajar atau mahasiswa dan pengajar dari sekolah atau universitas yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).


Mengenai status pendaftaran apakah telah tercatat dalam Dapodik atau belum, pelajar atau mahasiswa dapat menghubungi admin atau perwakilan sekolah dan kampus terkait.


Apabila sudah terdaftar maka pelanggan akan menerima SMS pemberitahuan (pengirim Telkomsel).


Nantinya, pengecekan besaran bantuan kuota data internet bagi pelanggan Telkomsel dapat diakses melalui menu *888# di nomor panggilan dan aplikasi MY Telkomsel.


Lebih lanjut pihaknya menjelaskan bantuan kuota data internet dari Kemdikbud RI ini, nantinya tidak akan mempengaruhi kuota lain milik penerima.


“Bantuan kuota data internet dari Kemendikbud RI dapat dikombinasikan dengan paket kuota data lainnya dari Telkomsel,” ujar Denny kepada Kompas.com Selasa (22/9/2020).


Selain itu, Telkomsel sejak awal pandemi juga telah menghadirkan sejumlah inisiatif untuk produk dan layanan dalam bentuk paket internet untuk menunjang PJJ.


Seperti paket kuota belajar 10 GB senilai Rp 10 dan penyediaan kartu perdana bagi peserta didik.


Baca Juga: Pemerintah Beri Subsidi Kuota Gratis Puluhan GB, Paket Internet Telkomsel Murah Abis 10 GB Cuma Rp 10


Tri


Bagi pelanggan dengan nomor 3 (Tri) yang nomornya sudah didaftarkan di Dapodik oleh pihak sekolah dan kampus juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.


“3 akan mengirimkan sms notifikasi jika pelanggan telah terdaftar dan berhak mendapatkan bantuan kuota internet dari Kemendikbud,” kata Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).


Adapun nantinya untuk mengecek besaran bantuan kuota dari Kemendikbud ini maka pelajar ataupun mahasiswa dapat melakukan cek sisa kuota internet secara detil melalui *123*10*3# atau melalui aplikasi Bima+.


Lebih lanjut Danny menerangkan jika pelajar belum mendapatkan bantuan maka dapat menanyakan ke bagian administrasi masing-masing.


Terkait dengan bantuan kuota Kemendikbud ini pihaknya juga menerangkan bantuan ini tidak akan mempengaruhi kuota lain yang ada pada nomor Tri pelanggan.


“Tidak akan terpengaruh karena pembelian paket internet lain merupakan tambahan dari paket bantuan Kemendikbud,” ujar dia.


XL dan Axis


Kuota belajar Kemendikbud bagi pelanggan XL dan AXIS, proses yang dilakukan sama dengan operator lainnya.


Yakni pelanggan XL mendapatkan bantuan kuota yang didasarkan mekanisme pendataan penerima yang dilakukan Pusdatin Kemendikbud.


“Pusdatin sebagai bagian dari Kemendikbud memfasilitasi masing-masing sekolah untuk mengumpulkan data, kemudian operator atau XL Axiata melakukan verifikasi nomor untuk memastikan tidak ada nomor yang invalid, untuk kemudian masing-masing operator termasuk XL Axiata akan melaporkan status pemberian paket datanya ke Pusdatin,” jelas Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata.


Ayu menjelaskan nantinya penerima bantuan kuota akan menerima sms notifikasi setelah paket bantuan kuota masuk ke nomor tersebut.


Ia menjelaskan saat ini bantuan kuota masih berproses pencairannya ke nomor yang tercatat di Pusdatin.


Terkait dengan cara mengecek saldo kuota bantuan untuk pelanggan XL prepaid dapat melakukan pengecekannya melalui aplikasi myXL.


Pelanggan prioritas akan melakukan pengecekannya melalui aplikasi AxisNet. Nantinya, pada pilihan paket detail, silahkan cek paket Terus Belajar.


Adapun untuk pengecekan melalui UMB bisa dilakukan dengan menekan *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar.


Terkait dengan pertanyaan apakah nantinya jika pelanggan membeli paket internet lain akan berpengaruh pada paket bantuan Kemendikbud atau tidak, pihaknya menerangkan hal itu tidak akan mempengaruhi kuota Kemendikbud tersebut.


“Kuota dari paket yang berbeda (paket membeli sendiri dan paket gratis kuota Kemendikbud) bisa digunakan sebagaiman mestinya sesuai dengan alokasi masing-masing,” terang dia.