TERBARU Dari Mendikbud Soal Peraturan Terbaru Masuk Sekolah PAUD,SD,SMP & SMA/SMK

Advertisement

TERBARU Dari Mendikbud Soal Peraturan Terbaru Masuk Sekolah PAUD,SD,SMP & SMA/SMK

Senin, 07 September 2020

Nadiem Makarim: Dana BOS Boleh untuk Beli Kuota bagi Guru dan Siswa

Belajardirumah.org -   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, mengumumkan keputusan terbaru mengenai peraturan masuk sekolah. Nadiem bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian ingin memastikan kebijakan pembelajaran bisa terlaksana dengan baik di berbagai daerah, Bunda.

Nadiem menegaskan, pada prinsipnya kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat umum. Sehingga dilakukan penyesuaian pelaksanaan pembelajaran tergantung dengan daerah masing-masing.

"Pembelajaran tatap muka di sekolah di zona kuning dan hijau diperbolehkan, namun tidak diwajibkan," kata Nadiem.

Namun, ada keputusan berbeda menyangkut pembelajaran siswa SMK nih, Bunda. Berhubung pelaksanaan pembelajaran praktik menjadi keahlian inti mereka, maka diperbolehkan untuk menggelar sekolah tatap muka untuk semua daerah.

Asalkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta akan dilakukan evaluasi ke depannya. Sedangkan pembelajaran sekolah PAUD, baru boleh memulai pembelajaran tatap muka paling cepat dua bulan setelah jenjang pendidikan dasar dan menengah.

"Apabila terindikasi dalam kondisi tidak aman, terdapat kasus terkonfirmasi positif Covid-19, atau tingkat risiko daerah berubah menjadi oranye atau merah, satuan pendidikan wajib ditutup kembali," ungkap Nadiem menambahkan.

Untuk mendukung keputusan Menteri Nadiem, Mendagri meminta pemda mempersiapkan dana untuk menyiapkan protokol kesehatan yang dibutuhkan sekolah. Tito mengatakan, pemerintah pusat telah mengalokasikan dukungan dan bantuan pada pemerintah daerah. Sehingga dana bantuan dapat disalurkan untuk untuk menyediakan sarana sanitasi, kebersihan, thermo gun, hingga masker.

"Saya meminta pemda untuk mengingatkan sekolah memastikan pengisian nomor handphone siswa di dapodik untuk menerima bantuan penyediaan kuota," kata Tito dilansir CNBC Indonesia.

Jika sekolah anak sudah diperbolehkan masuk, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ya, Bunda. Namun, jika masih harus sekolah jarak jauh, tunggu bantuan pulsa untuk keperluan pembelajaran online ya.