Cuma Pakai KTP ! Belum Dapat BLT Bansos Rp500 Ribu per KK Non PKH? Cek di Sini Caranya Agar Berhasil Dicairkan

Cuma Pakai KTP ! Belum Dapat BLT Bansos Rp500 Ribu per KK Non PKH? Cek di Sini Caranya Agar Berhasil Dicairkan

Rabu, 21 Oktober 2020

Belajardirumah.org -     Kementerian Sosial (Kemsos) menargetkan 9 juta keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan BLT Bansos Rp500 ribu per KK non PKH.


Perlu diketahui, pemerintah mengalokasikan sebanyak 4,5 triliun untuk program bantuan BLT Bansos Rp 500 ribu per kepala Keluarga ini.


Berbeda dengan BLT Bansos lainnya, bantuan ini hanya diberikan sekali kepada Kepala Keluarga yang terpilih.


“Akan ada 9 juta keluarga yang menerima bantuan kali ini dan dengan jumlah stimulus atau bantuan tunai senilai Rp 500 ribu per KK dan diberikan sekali saja," kata Asep Sasa Purnama selaku Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial.


Adapun salah satu syarat wajib keluarga penerima BLT Bansos Rp500 ribu ini adalah keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan tidak sebagai penerima PKH.


Jika belum mendapatkan bantuan BLT Bansos Rp500 ribu Non PKH, tetapi sudah memenuhi persyaratan, bisa langsung mengecek nama penerima melalui website resmi Kementerian Sosial (Kemensos) ataupun melalui aplikasi.


Masyarakat bisa mengunduh (download) aplikasi SIKS-Dataku kemudian mengecek dapat bantuan ini atau tidak. Berikut caranya:


1. Pilih menu ‘Cek Bansos’ lalu muncul laman pengecekan bantuan sosial.


2. Memilih kepesertaan yang dimiliki atau diinginkan. Terdapat tiga pilihan yaitu nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, NIK, dan nomor identitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


3. Masukkan jenis kepesertaan yang dipilih lalu tuliskan data yang diperlukan.


4. Jangan lupa untuk memasukkan kode captcha sesuai dengan karakter yang muncul di laman tersebut.


5. Klik tombol pencairan dan tunggu informasi yang keluar.


6. Jika dalam hasil pencarian tercatat sebagai penerima bantuan sosial Rp 500 ribu, maka penerima bantuan yang memenuhi syarat dapat segera mencairkan bantuannya.


Kemudian, jika melalui laman resmi Kementrian Sosial bisa melalui cara berikut:


1. Kunjungi website https://cekbansos.siks.kemsos.go.id.


2. Pilih kepesertaan ID e-KTP atau data kepesertaan penerima bantuan iuran (PBI) Kartu Indonesia Sehat (KIS).


3. Isikan nomor ID atau NIK atau ID data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).


4. Isi kolom nama lengkap sesuai e-KTP.


5. Masukkan kode captcha lalu klik konfirmasi.


6. Cari ‘keterangan bansos’, maka data akan ditampilkan di aplikasi apakah seseorang tercatat sebagai penerima bantuan atau bukan.


Untuk proses pencairannya pihak kemensos akan mentransfer langsung ke nomor rekening pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial.


Setelah bansos ditransfer penerima atau pemegang Kartu Keluarga sejahtera bisa langsung menarik tunai uang di mesin ATM, kantor cabang dan E-warung.