Jika Menemukan Penyaluran Bansos dari Kemensos Tidak Tepat Sasaran, Laporkan ke Email dan WA Ini

Jika Menemukan Penyaluran Bansos dari Kemensos Tidak Tepat Sasaran, Laporkan ke Email dan WA Ini

Selasa, 06 Oktober 2020

Belajardirumah.org -     Untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid-19, Pemerintah melalui beberapa kementerian menyalurkan bantuan. Bantuan ini diberi nama Jaring Pengaman Sosial (JPS).


Salah satu JPS ada di pintu kementerian sosial (Kemensos). Kemensos menyalurkan beberapa jenis bantuan mulai dari bantuan langsung tunai (BLT), bantuan sembako, dan lainnya.


Namun, sebagai bentuk pengawasan dan transparansi penyaluran bantuan, Kemensos meminta peran aktif masyarakat. Salah satunya adalah masyarakat diminta menyampaikan laporan atau aduan jika menemukan penyelewengan bantuan, pungli, dan lainnya.


Untuk menyampaikan laporan ini, warga hanya diminta mengirimkan pesan dan buktinya melalui email ataupun nomor WhatsApp.


Adapun email yang dituju untuk mengadukan bansos dari Kemensos adalah : bansoscovid19@kemsos.go.id. Sementara WA disampaikan ke nomor 08111022210


Catatan penting dari Kemensos :


1. Nomor WA di atas hanya bisa menerima pesan teks WA. Tidak bisa digunakan untuk menerima telepon.

2. Nomor WA di atas bukan untuk melakukan pendaftaran, tapi hanya untuk menyampaikan laporan atau aduan.

3. Silahkan mengirim pesan pengadian seperti : Salah sasaran, penyelewengan, pungli, dan lainnya dengan format : Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) Aduan yang disampaikan.***