KABAR GEMBIRA ! Bantuan Diperpanjang hingga Juni 2021, Begini Cara Cek Penerima BLT Bansos Rp 300 Ribu per KK

KABAR GEMBIRA ! Bantuan Diperpanjang hingga Juni 2021, Begini Cara Cek Penerima BLT Bansos Rp 300 Ribu per KK

Senin, 12 Oktober 2020

Belajardirumah.org -    Pemerintah memperpanjang program Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK).


Hal itu disampaikan oleh Menteri Sosial, Juliari Batubara saat meninjau penyerahan BST di Surabaya pada pekan lalu.


Menurut dia, program BST yang sudah berjalan sejak April sampai Desember 2020 ini nantinya akan dilanjutkan pada Januari sampai Juni 2021.


Meskipun nilainya tidak seberapa, lanjut dia, namun bantuan itu dinilai cukup bermanfaat khususnya untuk keluarga ekonomi rendah karena bisa digunakan untuk keperluan mendesak khususnya pada saat pandemi COVID-19.


"Jadi jangan digunakan untuk beli rokok, nanti kasihan istri dan anaknya tidak kebagian," kata Juliari melalui keterangan tertulis Kemensos yang dikutip Berita DIY, Senin, 12 Oktober 2020.


Cara untuk mengetahui apakah keluarga kita dapat bantuan ini atau tidak, bisa cek di laman cekbansos.siks.kemsos.go.id


Kemudian setelah masuk pada halaman beranda, calon penerima bisa gunakan tiga alternatif untuk melakukan pengecekan, yakni ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).


Setelah pilihan identitas diisi, kita akan langsung bisa memasukan ID/nomor yang kita miliki serta mengisi nama lengkap di kolom akhir.


Bantuan ini hanya diberikan sekali kepada keluarga dengan syarat bukan keluarga penerima manfaat (KPM) PKH dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.***

close