Kuota Terbatas, Buruan Daftar! Lakukan Cara Ini Agar Dapat BLT UMKM Rp2,4 juta Tahap 2, Cair Oktober

Kuota Terbatas, Buruan Daftar! Lakukan Cara Ini Agar Dapat BLT UMKM Rp2,4 juta Tahap 2, Cair Oktober

Kamis, 15 Oktober 2020

Belajardirumah.org -   Kuota Banpres Produktif atau BLT UMKM Rp2,4 juta tahap 2 hanya tersedia sebanyak 3 juta penerima.


Sebab, menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, pada tahap 1 pihaknya telah menyalurkan BLT UMKM Rp2,4 juta kepada sebanyak 9 juta pelaku usaha mikro dari total target keseluruhan 12 juta penerima.


Pemerintah menyalurkan Bantuan Presiden (Banpres) produktif atau yang dikenal dengan BLT UMKM Rp2,4 juta kepada para pelaku usaha mikro. Bantuan diberikan guna membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi Covid-19.


"Banpres produktif untuk usaha mikro merupakan dana hibah, bukan pinjaman ataupun kredit. Penerima tidak dipungut biaya apapun dalam penyaluran Banpres Produktif usaha mikro," sebagaimana dikutip Fixindonesia dari laman resmi Kemenkop UKM.


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bantuan UMKM Rp2,4 juta yang ditujukan bagi 3 juta pelaku usaha mikro tambahan sudah mulai cair bulan Oktober 2020.


"Pekan ini sudah mulai disalurkan untuk 3 juta usaha mikro berikutnya. Anggaran sudah kami terima dari Kementerian Keuangan," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 7 Oktober 2020.


Ia mengatakan sesuai target Banpres Produktif usaha mikro akan diberikan kepada total 12 juta usaha mikro yang belum tersentuh layanan perbankan.


Adapun syarat pendaftar Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta tahap 2 di antaranya:


1. Warga Negara Indonesia (WNI)


2. NIK dan KTP


3. Memiliki Usaha Mikro


4. Bukan PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN dan BUMD


5. Tidak sedang menerima kredit di bank atau pembiayaan dari perbankan dan KUR


6. Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda.


Berikut ini cara daftar BLT UMKM Rp 2,4 juta tahap 2:


1. Pelaku usaha mesti mendatangi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM ) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing.


2. Untuk memudahkan proses verifikasi, pendaftar diharap untuk memberikan informasi tentang kondisi usaha secara spesifik.


Penerima yang lolos dalam program bantuan UMKM ini nantinya akan mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur.


Bantuan bagi para pelaku UMKM hanya diberikan satu kali saja yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing pengusaha.


Setelah menerima pesan singkat (SMS), penerima BLT UMKM Rp 2,4 juta tahap 2 harus melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan, agar dapat segera mencairkan dana dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta.


Jika penerima bantuan tidak dilakukan pencairan atau konfirmasi, maka pihak perbankan harus mengembalikan dananya kembali ke pemerintah.


Bagi pelaku usaha yang tidak memiliki rekening, maka akan dibuatkan rekening baru pada saat pencairan oleh bank penyalur (Bank BRI, BNI, dan Syariah Mandiri).


Program Banpres Produktif ini merupakan program Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang bertujuan untuk membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi Covid-19.


Sebelumnya, pendaftaran program BLT UMKM Rp 2,4 juta ini hanya sampai September 2020. Namun untuk memulihkan terus usaha-usaha mikro yang terdampak Covid-19, maka pemerintah memperpanjang program bantuan ini hingga 2021.