SEGERA Daftar ! Pendaftaran BLT BPUM UMKM Rp 2,4 Juta Khusus di Daerah Ini Bisa Online, Cek Penerima di Eform BRI

SEGERA Daftar ! Pendaftaran BLT BPUM UMKM Rp 2,4 Juta Khusus di Daerah Ini Bisa Online, Cek Penerima di Eform BRI

Minggu, 25 Oktober 2020

Belajardirumah.org -     Pendaftaran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang semula online, kini dilakukan offline. Penerima saat ini harus diusulkan oleh Dinas Koperasi di daerah setempat.


Pada BPUM gelombang 2, sebanyak 3 juta UMKM ditargetkan terima bantuan Rp 2,4 juta. Ditargetkan, bantuan ini ditutup pada akhir November 2020.


Namun demikian, ternyata tak semua daerah menjalankan sistem offline. Di Tangerang, pendaftaran dilakukan sistem online untuk menghindari kerumunan


Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Teddy Bayu Putra mengatakan, informasi pemberhentian pendataan pelaku UKM Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) telah disampaikan kepada camat/lurah untuk kemudian disampaikan kepada warga.


Dengan pola daring, kata dia, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Tangerang di Gedung Cisadane maupun kantor Kelurahan/Kecamatan. Sebab proses pendataan selanjutnya akan dilakukan secara daring.


Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Pemerintah Kota Tangerang telah menyiapkan aplikasi sebagai sarana pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengajukan bantuan insentif UMKM yang merupakan program dari pemerintah pusat.


"Sekali lagi, pendataan hanya bagi UMKM yang sebelumnya belum terdata," katanya seperti dikutip dari Antara.


Adapun jenis aplikasi yang telah disiapkan untuk pendataan pelaku UKM adalah melalui tautan sabakota.tangerangkota.go.id dan proses pendataan berlangsung selama satu bulan mulai 19 Oktober 2020 hingga 24 November 2020.


"Pemkot hanya membantu mendata, keputusan akhir menjadi kewenangan Pemerintah Pusat," katanya.


Pada Senin (19/10) ratusan warga mengantre berdesakan di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM (Disperindagkop-UKM) Kota Tangerang terkait pendataan UMKM untuk menerima bantuan modal usaha.


Warga sudah memenuhi halaman Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM (Disperindagkop-UKM) di Gedung Cisadane Jl. KS Tubun, Karawaci sejak pagi sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan di kawasan tersebut.


Kerumunan warga yang berebut masuk ke dalam kantor dinas tersebut viral di media sosial dan tak lama kemudian dibubarkan petugas untuk dijadwalkan kembali.


Untuk mengecek menerima bantuan ini atau tidak, peserta bisa mengecek melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum


Untuk mengecek penerima, masyarakat cukup melampirkan nomor KTP dan kode verifikasi. Jika muncul keterangan error, halaman bisa direfresh.***

close