Siap Dapat Lagi! Ini Daftar Bantuan Sosial yang Diperpanjang Hingga 2021, Ada BLT Hingga Prakerja

Advertisement

Siap Dapat Lagi! Ini Daftar Bantuan Sosial yang Diperpanjang Hingga 2021, Ada BLT Hingga Prakerja

Rabu, 14 Oktober 2020

Belajardirumah.org -    Simak daftar lengkap bansos atau bantuan sosial yang diperpanjang hingga tahun 2021, apakah ada kartu Prakerja gelombang 11? Simak selengkapnya di artikel ini.


Pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 telah ditutup pada akhir September lalu dan kuota untuk tahun 2020 telah penuh.


Meskipun telah dinyatakan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai gelombang terakhir, tak sedikit yang berharap dibukanya pendaftaran kartu prakerja gelombang 11.


Belum ada kepastian tentang dibukanya kembali pendaftaran kartu prakerja di tahun ini. Tetapi, program kartu prakerja masuk dalam daftar bansos yang akan diperpanjang di tahun 2021.


Dikutip dari Bappenas, selain program kartu prakerja, ada lima bansos lain yang dipastikan akan diperpanjang hingga 2021 mendatang.


BLT Susbisdi Gaji


Program BLT subsidi gaji merupakan program bantuan langsung tunai yang diberikan kepada para pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta dengan total bantuan sebesar Rp 2,4 juta per pekerja.


Selain bergaji di bawah Rp 5 juta, calon penerima juga harus memenuhi syarat lainnya yaitu memilik NIK, aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya hingga Juni 2020, dan memiliki rekening aktif.


BLT Kemensos Rp 500 Ribu per KK Non PKH


BLT Rp 500 ribu per KK non PKH merupakan program bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial yang diberikan ke kepala keluarga.


Calon penerima bantuan harus memenuhi syarat antara lain keluarga yang bukan penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Penerima juga merupakan penerima bantuan program bantuan pangan nontunai (BPNT) atau kartu sembako.


Kartu Prakerja


Kartu prakerja merupakan program yang bersifat semi bantuan sosial yang diperuntukkan bagi para pencari kerja maupun korban PHK.


Hanya ada tiga syarat untuk bisa mendaftar program ini, yaitu memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), sudah berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah.


BLT UMKM Banpres Produktif


BLT UMKM Banpres Produktif merupakan program yang diberikan kepada para pelaku UMKM dengan besaran bantuan Rp 2,4 juta.


Syarat yang harus dipenuhi calon penerima yaitu memiliki usaha dan KTP, bukan termasuk ASN, TNI/POLRI, serta Pegawai BUMN/BUMD, tidak sedang menerima kredit pembiayaan dari perbankan dan KUR.


Kartu Sembako


Kartu sembako merupakan progam yang bertujuan agar rakyat miskin dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya, terlebih di masa pandemi seperti ini.


Penerima bantuan yang termasuk dalam program perlindungan nasional ini perlu mengecek datanya di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.


Selagi masih ada kesempatan, mendaftarlah pada program-program di atas.


Program Keluarga Harapan


Program keluarga harapan merupakan progam pemberian bantuan sosial bersyarat pada keluarga miskin yang telah ditetapkan kepada penerima.


Ada empat komponen dalam satu keluarga penerima PKH yaitu kategori ibu hamil/nifas, kategori anak usia dini s.d. 6 tahun, kategori pendidikan anak wajib belajar 12 tahun, kategori penyandang disabilitas berat, hingga kategori lanjut usia.