Syarat dan Cara Mendapatkan BLT Bantuan Sosial Sebesar Rp 1 Juta dari Kemdikbud, Cek Disini

Syarat dan Cara Mendapatkan BLT Bantuan Sosial Sebesar Rp 1 Juta dari Kemdikbud, Cek Disini

Kamis, 01 Oktober 2020

Belajardirumah.org -    Pemerintah melalui Kemdikbud segera memberikan bantuan langsung tunai (BLT) atau Bantuan Sosial untuk pekerja seni dan pelaku budaya (seniman). 


Bantuan Sosial khusus untuk pekerja seni dan pelaku budaya atau seniman tersebut diberikan oleh pemerintah melalui Kemdikbud sebesar Rp 1 juta.


Para pekerja seni dan pelaku budaya dapat segera mendaftarkan diri dengan syarat dan kondisi yang akan diinformasikan sebagai berikut.


Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp26,5 miliar untuk disalurkan bagi para pelaku budaya atau seniman yang telah kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini.


Dari data yang diinformasikan ada sekitar 26.500 pelaku budaya dan pekerja seni atau seniman yang kehilangan mata pencahariannya akibat terdampak secara tidak langsung adanya pandemi Covid-19.


Bantuan tersebut ditujukan untuk para pekerja seni dan pelaku budaya dengan kriteria seperti berikut:


1. Pelaku budaya yang tidak punya mata pencaharian lain selain kegiatan kebudayaan yang berhenti total atau berkurang signifikan akibat wabah pandemi mulai menjamur.


2. Pelaku budaya yang memiliki penghasilan sebesar-besarnya Rp5 juta per bulan sebelum wabah pandemi covid – 19 menghentikan semua pekerjaan sehingga tidak dapat menghasilkan uang.


Pendataan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Kemdikbud sebagai penghimpun data pekerja seni yang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.


Pendataan tersebut dilakukan dengan sistem seleksi yang sangat ketat dan validasi terkait nama, alamat, NIK, dan bukti karya seni sebagai portofolio hasil karya untuk penyaluran dana bantuan yang efektif dan tepat sasaran.


Sehingga validasi data tersebut dipastikan akurat yang nanti akan dikoordinasikan dengan Kemenko PMK dan Kemensos untuk selanjutnya diproses untuk penyaluran dana.


Dikarenakan sebagian akses para pekerja seni dan budaya masih jauh dari internet, bantuan sosial dari pemerintah tersebut masih banyak para pelaku budaya dan pekerja seni belum mengetahui. ***