UPDATE ! BLT Rp1,2 JUTA TAHAP 5 CAIR HARI INI! Ini 6 Golongan yang Pasti Gagal Terima BLT

UPDATE ! BLT Rp1,2 JUTA TAHAP 5 CAIR HARI INI! Ini 6 Golongan yang Pasti Gagal Terima BLT

Rabu, 07 Oktober 2020

Belajardirumah.org -    Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Subdisi Upah (BSU) Rp1,2 juta dipastikan cair hari ini, Rabu (7/10/2020). Hal itu dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui kanal Youtube Kemenaker. Namun, ada sejumlah golongan yang dipastikan gagal menerima BLT Rp1,2 juta ini.


Hal itu merujuk Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).


Adapun pekerja yang mendapatkan bantuan harus memenuhi persyaratan:


1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan;


2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;


3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) sesuai upah yang di laporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan;


4. Pekerja/Buruh penerima Upah;


5. Memiliki rekening bank yang aktif;


6. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.


Dengan begitu, jika Anda tidak termasuk 6 golongan di atas, dipastikan akan gagal mendapatkan BLT Rp1,2 juta.


Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, "Insyaallah besok akan bisa dicairkan sebagaimana sebelumnya akan disampaikan kepada KPPN. Kemudian KPPN mencairkan kepada bank penyalur, dari bank penyalur akan disampaikan kepada penerima subsidi gaji/upah.”


Adapun jumlah total penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) sudah mencapai 98,42% dan pemerintah akan menyalurkan kembali untuk tahap 5 pada hari ini.


Ida memerinci penerima dana BLT atau BSU pekerja formal yang bergaji di bawah Rp5 juta untuk tahap 1 mencapai 99,32%, lalu tahap 2 mencapai 99,32%, kemudian tahap 3 mencapai 99,32%, dan tahap 4 mencapai 95,32%.


"Jadi, totalnya penerima bantuan subsidi upah dari semua gelombang adalah 98,42%," ujar Ida melalui keterangan pers, Selasa (5/10/2020).


Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek untuk BLT atau BSU pekerja formal tahap 5 dan telah memproses selama 4 hari kerja.


Dia menegaskan bahwa penerima BLT atau BSU pekerja formal tidak hanya pekerja yang memiliki nomor rekening bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), tetapi juga pekerja yang memiliki nomor rekening luar bank Himbara, termasuk Bank BCA dan swasta lainnya.


"Tidak melihat atau mensyaratkan bank himbara sebagai bank penerima dari teman-teman penerima subsidi. Alhamdulillah, mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan seluruh subsidi upah ini kepada penerima 12,4 juta penerima program (BLT)," ujarnya.