ALHAMDULILLAH, 567 Ribu Karyawan Telah Terima BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, Anda Belum? Segera Lapor ke Link Ini -->

ALHAMDULILLAH, 567 Ribu Karyawan Telah Terima BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, Anda Belum? Segera Lapor ke Link Ini

Rabu, 25 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah kabar gembira untuk rekan-rekan karyawan semua, Sebanyak 567.723 pekerja/karyawan telah menerima BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan tahap 5. Apabila kamu belum menerima, maka lapor ke link berikut ini.


Menteri Ketenagakerjaa (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan terkadang saat proses penyaluran terdapat kendala, sehingga BLT subsidi tersebut tidak cair ke rekening.


Adapun, kata Menaker Ida, kendala tersebut berasal dari rekening yang tidak aktif, adanya duplikasi rekening, rekening ditutup, rekening tidak valid, dan rekening dibekukan.


Selain itu, kata Ida, kendala lainnya yaitu adanya rekening yang tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan rekening tidak terdaftar.


"Untuk itu, bagi pekerja yang sesuai kriteria penerima subsidi namun hingga saat ini belum mendapatkan subsidi gaji/upah," ujarnya.


Ia juga mengimbau untuk penerima subsidi/gaji yang rekeningnya bermasalah bisa dikomunikasikan dengan pemberi kerja.


"Kami imbau agar berkomunikasi dengan pemberi kerja, khususnya terkait data rekening para pekerja, guna memastikan tidak ada kesalahan dalam pelaporan rekening bank ke BPJS Ketenagakerjaan," kata Ida.


Menaker Ida juga menjelaskan, pihaknya telah menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bantuan subsidi upah/gaji melalui laman https://bantuan.kemnaker.go.id.


Berikut cara untuk melaporkan terkait bantuan subsidi BPJS Ketenagakerjaan.


  1. Klik link berikut https://bantuan.kemnaker.go.id
  2. Setelah itu, klik 'Daftar Sekarang'
  3. Masukkan NIK KTP dan Nama Ibu kandung
  4. Masukkan email yang akan didaftarkan, nomor handphone aktif, dan password
  5. Apabila telah selesai klik 'daftar sekarang'
  6. Setelah selesai, Kemnaker akan mengirimkan kode OTP yang akan dikirimkan via SMS ke nomor hp yang didaftarkan
  7. Lakukan aktivasi akun setelah mendapatkan kode OTP dengan cara kembali ke laman Kemnaker.go.id dan klik tombol “Masuk atau Login”
  8. Isi formulir dalam website yang terbagi dalam 7 tahapan
  9. Pastikan semua kolom diisi dengan data yang lengkap dan benar mulai dari foto profil, status pernikahan, jenjang pendidikan, pekerjaan, dan data lainnya
  10. Setelah semuanya terisi, akan muncul status pemberitahuan di dashboard apakah masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker
  11. Dalam dashboard tersebut, terdapat tombol “kirim aduan”, tombol tersebut untuk yang sudah terdaftar di sistem Kemnaker, namun belum menerima subsidi gaji.
  12. Jika sudah terdaftar Anda akan diberitahukan dengan tulisan “Kamu telah terdaftar di BPJS Naker untuk diusulkan sebagai penerima bantuan. Mohon cek kembali kelengkapan data kamu ke perusahaan tempat kamu bekerja”. 


Para pekerja/buruh bisa memanfaatkannya untuk bertanya, mencari informasi ataupun mengadukan permasalahan terkait bantuan subsidi upah/gaji.


Sementara itu, berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) total penyaluran BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan termin II dari tahap 1 hingga 5 sebanyak 11, 052 juta penerima.


"Penyaluran BSU ini, tentunya setelah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya di ditransfer ke rekening penerima baik Himbara (Himpunan Bank-Bank milik Negara) maupun non-Himbara, " kata Menaker Ida.


Menaker Ida mengungkapkan berdasarkan kajian yang dilakukan Barenbang Kementerian Ketenagakerjaan, bahwa dengan berbagai skenario subsidi gaji/upah memberikan dampak positif terhadap konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi.


Demikian informasi yang dapat admin belajardirumah.org dapat berikan mengenai 567 Ribu Buruh Telah Terima BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, Anda Belum? Segera Lapor ke Link Ini. Semoga infotrmasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan pekerja semua.