Apakah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Ada? Cek Jadwal dan Penjelasan Pengelola

Advertisement

Apakah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Ada? Cek Jadwal dan Penjelasan Pengelola

Kamis, 05 November 2020

Belajardirumah.org -    Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 sudah ditutup pada Rabu, 4 November 2020 pada pukul 12.00 WIB. Pendaftaran sendiri dibuka sejak Senin, 2 November 2020 lalu, dan yang menjadi pertanyaan apakah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Ada? Mari Kita Simak penjelasan pengelola dibawah ini.


Pada Gelombang 1-10, total pendaftar Kartu Prakerja mencapai 40 juta orang. Dari jumlah itu, 26 juta lolos verifikasi email.


Kemudian 18 juta lolos verifikasi nomor telepon selular, dan dari jumlah itu mengerucut menjadi 5,59 juta orang menerima surat keputusan (SK) penerima program.


Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denni Purbasari menjelaskan, dari jumlah itu, 5,2 juta orang telah membeli pelatihan dan sebanyak 4,94 juta peserta telah selesai minimal satu pelatihan.


“Yang telah menerima insentif (dengan yang menyelesaikan satu pelatihan) selisihnya pendek, kenapa? Karena setiap hari kami melakukan pengecekan dan pembayaran insentif, begitu rating, ulasan diterima, kami salurkan (insentif),” jelasnya/


Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja sudah menyalurkan Rp5,7 triliun insentif kepada 4,9 juta penerima dari gelombang satu hingga 10 per 30 Oktober 2020.


“Kenapa tidak banyak? Karena Permenko menyatakan kami menyalurkan 600 ribu per bulan itu betul-betul per bulan, tidak bisa dirapel,” kata Denni.


Dalam anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemerintah mengalokasikan Rp20 triliun untuk program Kartu Prakerja.


Setiap penerima mendapatkan total insentif Rp2,4 juta yang dibayar per bulan sebesar Rp600 ribu selama empat bulan setelah menyelesaikan pelatihan dan memberikan peringkat dan ulasan pelatihan.


“Kalau dirapel di depan biasanya orang-orang cepat belanja dan kemudian di bulan kedua, kurang uang,” imbuhnya.


Lantas, apakah Kartu Prakerja Gelombang 11 menjadi yang terakhir di 2020? dan Tidak ada pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 ?


Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menjelaskan, kuota Kartu Prakerja Gelombang 11 berasal dari kepesertaan peserta gelombang 1-10 yang dicabut.


Pendaftaran gelombang 11 yang merupakan gelombang tambahan, dibuka pada hari Senin, 2 November 2020, pukul 12.00 WIB dengan kuota hampir 400.000," ucapnya saat dikonfirmasi Berita DIY, Rabu, 14 November 2020.


Dikarenakan sudah tak ada kuota, Kartu Prakerja Gelombang 11 bisa jadi yang terakhir pada tahun ini, dan tidak akan ada Kartu Prakerja Gelombang 12.  Namun Louisa tak memastikan, Kita tunggu kabar selanjutnya. ***