ASYIK ! BLT Rp300 Ribu Cair November 2020 Ini, Dipastikan 9 Juta KPM yang Dapat Bantuan, Simak Nama Penerima Dan Syaratnya

ASYIK ! BLT Rp300 Ribu Cair November 2020 Ini, Dipastikan 9 Juta KPM yang Dapat Bantuan, Simak Nama Penerima Dan Syaratnya

Minggu, 15 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah ada kabar gembira lagi,  Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 Ribu kepada masyarakat yang membutuhkan.


Kabarnya Program BST Rp300 Ribu ini akan ditransfer kepada 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan cair di bulan November 2020 ini.


Sebelumnya, pemerintah sudah pernah memberikan BST senilai Rp600 Ribu yang telah disalurkan pada bulan April hingga Juni 2020.


Baca Juga : BSU BLT Subsidi Gaji BPJS Tahap 2 Cair, Berikut Jadwal Transfer Untuk Rekening BCA, BRI, BNI, dan CIMB


Kini pemerintah melalui Kemensos, membuka kembali Bantuan BST senilai Rp300 Ribu.


BST Rp300 Ribu tersebut merupakan salah satu program tahap 2 yang akan berlangsung hingga Desember 2020.


Berhubung pendaftaran BST Rp300 Ribu diperpanjang, Anda masih memiliki kesempatan untuk mencoba mendaftarkan diri.


Dilansir dari situs resmi Kemensos, Jurnal Sumsel merangkum ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar yakni:


1. Calon Pendaftar bantuan ini merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW serta berada di Desa.


2. Calon pendaftar juga ialah mereka yang kehilangan mata pencarian atau tidak memiliki pekerjaan di tengah Pandemi Covid-19.


3. Pendaftar tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat.


Dimana bantuan tersebut diantaranya seperti BLT dari Dana Desa, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.


4. Jika pendaftar tak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka pendaftar dapat langsung menginformasikannya ke Aparat Desa.


5. Pendaftar wajib melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP).


Jika tidak memiliki NIK dan KTP, Anda bisa kok mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu yaitu harus berdomisili di desa.


Apabila calon penerima sudah terdaftar dan valid maka BLT akan diberikan melalui tunai dan non tunai.


Dana melalui Non tunai akan diberikan melalui transfer yakni ke rekening bank penerima.


Jika tunai, Anda bisa menghubungi Aparat Desa, Bank Milik Negara atau diambil langsung di Kantor Pos terdekat.


Baca Juga : HORE ! BLT Rp 3,5 Juta Kartu Prakerja Akan Diperpanjang Di 2021, Dari Sekarang Siapkan KTP dan KK Untuk Daftar


Demikian berita terbaru mengenai kabar BLT Rp300 Ribu yang akan Cair November 2020 bulan ini, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua yang sedang menunggu pencairkan BST atau BLT dari kemensos. Sekian dan Terima kasih atas kunjungan sobat semua. ***