BANTUAN BLT Subsidi Upah BPJS Rp 1,2 Juta Tahap 3 Cair Ke Rekening Bank BNI , Cek Nama Penerima Lain Di LINK Ini

BANTUAN BLT Subsidi Upah BPJS Rp 1,2 Juta Tahap 3 Cair Ke Rekening Bank BNI , Cek Nama Penerima Lain Di LINK Ini

Senin, 16 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah berita gembira, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji atau Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan Rp 1,2 juta termin 2 tahap 3 sudah cair ke 3,1 juta karyawan, diantaranya pemilik rekening BNI. Pekerja yang ingin cek online daftar penerima bisa akses ke link kemnaker.go.id


Total anggaran yang digelontorkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk mencairkan bantuan tahap 3 ke 3.149.031 buruh ini mencapai Rp3,77 triliun.


Dengan demikian kini jumlah penerima bantuan BLT Subsidi Gaji mencapai 8.042.847  karyawan hingga tahap 3.


Para pekerja yang sudah mendapatkan bantuan ini mengungkapkan kebahagiaannya.


Melalui akun Kemnaker yang mereka punya, para karyawan menuliskan komentar di laman resmi Kemaner dan mengatakan beberapa pemilik rekening sudah cair seperti bank BNI.


"alhamdulillah BNI area bogor Narogong udah cair semalem," tulis pemilik akun Nurdin.


"Terima kasih ibu Ida akhirnya punya saya dan yg BNI sdh cair," tambah Ade Apriyadi.


"Senin, 16/11 pukul 21:00 sdh masuk pencairan BLT ke rek BNI saya. Ternyata saya masuk gelombang 3 di termin ke II, dari termin I yg masuk gelombang 1. Akhirnya yg say tunggu dari kemarin2 masuk jg," tulis Ade Apriyadi.


Karyawan yang belum dapat bantuan ini hingga tahap 3 sebaiknya bersabar.


Hal ini dikarenakan meskipun Kemnaker sudah mencairkan bantuan ini ke 8 juta karyawan ke bank penyalur, namun belum sebanyak itu karyawan yang dapat bantuan ini.


Hal ini dikarenakan realisasi sementara penyaluran subsidi gaji/upah termin kedua, tahap I telah tersalurkan kepada 844.083 pekerja/buruh atau 38,71 persen. Sedangkan tahap II telah tersalurkan kepada 685.427 pekerja/buruh atau 25,26 persen.


Jumlah anggaran yang sementara tersalurkan dari tahap I dan II sebesar Rp1,8 triliun.


Laporan sementara dari Bank Penyalur per 15 November kemarin, realisasi penyaluran untuk termin kedua secara total tahap 1 dan tahap 2, sudah mencapai 1,5 juta orang.


“Hari ini (senin), termin kedua subsidi gaji/upah untuk tahap III kembali disalurkan. Sesuai dengan komitmen yang telah kami sampaikan sebelumnya, proses penyaluran subsidi gaji/upah kami percepat karena datanya mengacu pada para penerima di termin I yang lalu yang sudah clear and clean," ujar Menaker Id Fauziyah dilansir dari laman resmi Kemnaker Selasa 17 November 2020


"Percepatan penyaluran ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk membantu daya beli pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker pada hari Senin (16/11).


Karyawan yang ingin mengentahui daftar penerima bantuan ini bisa cek online di link resmi Kemnaker yang bisa dilakukan menggunakan HP, dengan cara berikut:


  1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di link kemnaker.go.id
  2. Pada pojok kanan atas, klik Daftar
  3. Jika belum memiliki akun, klik Daftar Sekarang yang terdapat pada bagian bawah kolom masuk
  4. Mulai isi data diri, masukkan NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, Password, kemudian klik Daftar Sekarang
  5. Apabila sudah selesai, sistem akan mengirimkan kode OT melalui SMS ke nomor HP pendaftar
  6. Lakukan aktivasi akun, masuk kembali ke website, dan klik Masuk pada bagian pojok kanan atas website
  7. Lanjutkan pengisian formulir dengan lengkap
  8. Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan pada dashboard, apakah pendaftar masuk dalam daftar penerima bantuan BLT Subsidi Gaji yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.
  9. Apabila nama pendaftar sudah terdaftar dalam sistem Kemnaker, namun belum mendapatkan bantuan Subsidi Gaji, dapat melakukan Kirim Aduan untuk menyampaikan keluhannya.


Adapun syarat yang wajib dipenuhi karyawan agar berhak menerima bantuan ini, sesuai Permenaker No. 14 tahun 2020, yakni:


  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan,
  3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJSKetenagakerjaan,
  4. Pekerja/buruh penerima upah,
  5. Memiliki rekening bank yang aktif,
  6. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJSKetenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Demikian informasi yang dapat admin belajardirumah.org berikan mengenai BLT Bantuan Subsidi Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan Rp 1,2 Juta Tahap 3 Sudah Cair Ke rekening BNI, Untuk pekerja atau karyawan lain silahkan lihat nama penerima BLT di link kemnaker.go.id. Semoga informasi ini dapat bermanafat untuk teman-teman semua yang berada diseluruh Indonesia. ***