BAWA KTP dan KK, BST BLT Rp 300 Ribu Per KK PKH Tahap 8 Cair, Lihat Nama Penerima Di dtks.kemensos.go.id -->

BAWA KTP dan KK, BST BLT Rp 300 Ribu Per KK PKH Tahap 8 Cair, Lihat Nama Penerima Di dtks.kemensos.go.id

Selasa, 24 November 2020

Belajardirumah.org - Kabar gembira untuk seluruh rekan-rekan penerima, BST Bansos Rp 300 Ribu Per KK PKH cair tahap 8, langsung login ke link berikut untuk segera cairkan dana bantuan. Cek juga nama penerima di link yang sudah disediakan dibawah ini. :)


Beragam cara pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, salah satunya dengan melakukan perpanjangan berbagai program Bantuan Sosial Tunai (BST) sampai dengan Desember 2020.


Pencairan dana Bansos BST Rp300 ribu kini telah memasuki tahap ke-8 kepada 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terkena dampak Pandemi Covid-19.


Penyaluran BST tahap delapan direalisasikan pada November 2020 dan berlanjut hingga Desember 2020 untuk tahap sembilan dengan nilai bantuan yang sama, sebesar Rp300 ribu.


Seperti diketahui, Bansos BST ini dicairkan di bulan November 2020 Anda dapat mengecek nama Anda dengan, cek NIK dan KTP lewat dtks.kemensos.go.id.


Adhy Karyono selaku Juru Bicara Kemensos mengatakan, masyarakat yang ingin dapat bantuan BST Rp300 ribu ini haruslah bukan penerima bantuan PKH maupun BPNT.


"Penerima BST adalah di luar penerima PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), syaratnya ya peserta tidak boleh menerima PKH dan BPNT," kata Adhy.


Lebih lanjut, Adhy menjelaskan BST Rp300 ribu KPM tersebut disalurkan bagi masyarakat yang telah terdatar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Untuk cara dapat BST Rp300 ribu atau Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos masyarakat harus mendaftarkan diri dengan cara:


  1. Mendatangi RT/RW setempat dengan membawa lampiran fotokopi KTP untuk dibuatkan data pembukuan rekening bank Himbara
  2. Tunggu informasi selanjutnya mengenai pencairan dana BST Rp300 ribu ke rekening masing-masing penerima.

Berikut ini adalah persyaratan bagi KPM yang ingin mendapat BST Rp 300 ribu dari Kemensos:


  1. Pendaftar merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.
  2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi corona.
  3. Pendaftar tidak menerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat, seperi PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
  4. Jika pendaftar tidak mendapatkan Bansos dari program lain, tapi belum terdaftar oleh RT/RW, silakan komunikasi dengan aparat desa.
  5. Pendaftar yang sudah memenuhi syarat namun tidak memiliki Nomor NIK dan KTP yang bersangkutan tetap mendapat BST Rp300 ribu tanpa membuat KTP. Namun, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan akan dicatat alamat lengkapnya
  6. Apabila data sudah terdaftar dan valid. Maka, BST Rp300 ribu akan diberikan melalui tunai dan non-tunai.

Mengenai pencairan dana BST Rp300 ribu, Kemensos memiliki dua cara yang pertama melalui sistem tunai dan non tunai.


Non-tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima, ini dikhusukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memiliki rekening bank.


Cara kedua adalah dengan cara tunai, cara ini Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero).


Ketua Tim BST Pos Indonesia, Husein Haris mengatakan pihaknya kini tengah mengotimalkan peyaluran dana BST tahap 8 kepada Sembilan juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terkena dampak Pandemi Covid-19.


"Distribusi bantuan pada tahap 8 sudah berjalan pada awal november ini. BST sudah disalurkan kepada 2,5 Juta lebih KPM," ujar Haris dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin 16 November 2020.


Sedangkan bagi Anda yang sudah terdaftar di dtks.kemensos.go.id dapat mengambil pencairan dana BST Rp300 ribu lewat pos terdekat dengan hanya perlu membawa KTP dan KK asli.


Demikian informasi terbaru yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Cuma bawa KTP dan KK BST Rp 300 Ribu Per KK PKH Tahap 8 Cair, Lihat Nama Penerima Di dtks.kemensos.go.id. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang menunggu pencairan BST. Sekian dan terima kasih atas kunjungan teman-teman semua.***