BLT BPJS Termin 2 Tahap 4 Cair Hari Ini, Berikut 10 Langkah Cara Cek Pencairannya

BLT BPJS Termin 2 Tahap 4 Cair Hari Ini, Berikut 10 Langkah Cara Cek Pencairannya

Kamis, 19 November 2020

Belajardirumah.org - Sekedar informasi untuk rekan-rekan karyawan semua, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) diprediksi bakal menyalurkan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 tahap 4, pada hari ini Jumat, 20 November 2020.


Prediksi ini berdasarkan pengamatan dari pencairan dana BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan termin dua tahap satu, dua dan tiga. Kemnaker hanya membutuhkan beberapa hari untuk menyalurkan dana bantuan.


Selain itu, prediksi bakal cairnya BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan termin dua tahap empat ini juga didasari pernyataan Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziyah. 


Baca Juga : BURUAN Daftar ! Modal KTP dan KK Dapat BLT Rp 1 Juta Dari Pemerintah, Simak Syarat dan Cara Mendaftar DISINI


"Sesuai dengan komitmen yang telah kami sampaikan sebelumnya, proses penyaluran subsidi gaji/upah kami percepat karena datanya mengacu pada para penerima di termin I yang lalu yang sudah clear dan clean," kata Ida Fauziyah seperti dikutip Jurnal Sumsel dari lama Kemnaker.


"Percepatan penyaluran ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk membantu daya beli pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19," sambungnya.


Jadi, Siap-siap untuk mengecek rekening kalian. Namun, ada baiknyacek dulu NIK di laman kemnaker.go.id


Jika dana kalian telah dinyatakan cair oleh Kemnaker maka kalian bisa langsung datang ke bank penyalur untuk pencairan dana.


Tapi sebelum itu kalian para pekerja harus memenuhi syarat wajib untuk menerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan atau subsidi upah tahap 3 ini.


Sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 14 tahun 2020 yaitu:


1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


2. Sudah terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kepesertaan.


3. Merupakan peserta yang membayar iuran dengan besaran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5 juta sesuai upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.


4. Yang berhak penerima upah merupakan pekerja atau buruh.


5. Memiliki rekening bank yang aktif.


6. Peserta terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.


Caranya pengecekannya pun cukup mudah kalian tinggal mengikuti langkah di bawah ini yang sudah dirangkum Jurnal Sumsel:


1. Buka web resmi kemnaker di kemnaker.go.id.


2. Jika sudah punya akun silahkan klik Masuk, jika belum silahkan klik Daftar.


3. Klik Daftar Sekarang yang ada di bagian bawah kolom Masuk.


4. Silahkan masukkan data diri, NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, dan Password.


5. Jika sudah, klik Daftar Sekarang.


6. Nanti kalian akan mendapatkan kode OTP lewat SMS dari sistem di nomor HP yang kalian daftarkan, jadi pastikan nomor HP yang kalian masukkan masih aktif.


7. Kemudian lakukan aktivasi akun dengan masuk kembali ke website lalu klik Masuk yang ada di bagian pojok kanan.


8. Nanti akan muncul formulir, silahkan isi formulir sampai selesai dan isi dengan benar.


9. Jika selesai nanti akan langsung muncul pemberitahuan bahwa Kamu penerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak di dashboard website.


10. Jika Kamu dinyatakan sebagai penerima bantuan BLT BPJS maka dana otomatis akan masuk ke rekeningmu!


Baca Juga : CEK Daftar Nama Penerima BSU BLT Rp1,8 Juta Guru Honorer dan PTK Non PNS Di LINK Ini, BSU Akan Cair Ke rekening BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.


Demikian berita terbaru dari belajardirumah.org berikan mengenai BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Tahap 4 Cair Hari Ini, Berikut 10 Langkah Cara Cek Pencairannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi mengenai jadwal pencairan BLT BPJS Tahap 4. Terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua. ***

close