BURUAN Catat ! Syarat dan Cara Lengkap Dapat BLT BST Rp 300 Ribu , Modal NIK dan KTP Bisa Langsung CAIR

BURUAN Catat ! Syarat dan Cara Lengkap Dapat BLT BST Rp 300 Ribu , Modal NIK dan KTP Bisa Langsung CAIR

Rabu, 11 November 2020

Belajardirumah.org -  Segera Cek Sebelum terlambat, Cek NIK KTP Anda agar mendapatkan Bantuan sosial tunai (BST) Rp300 Ribu yang cair bulan ini. Berikut syarat dan cara lengkap pendaftarannya.


Seperti diketahui, Kemensos memutuskan untuk memperpanjang Program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu per Kepala Keluarga (KK) hingga Juni 2021.BST ini diperuntukan untuk masyarakat yang terimbas dampak Covid-19.


Pemerintah lewat Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk meredam kenaikan angka kemiskinan. Salah satunya adalah pemberian melalui Bantuan Sosial Tunai (BST).


Sebelumnya diberitahukan bahwa 9 juta keluarga dapat BST sebesar Rp 600 ribu per KK, yang kini turun jadi Rp 300 ribu per KK.


BST merupakan salah satu bansos khusus yang diluncurkan Kemensos untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat dan menjaga daya beli selama pandemi COVID-19. BST diberikan senilai Rp600 ribu pada Gelombang I yakni April-Juni 2020 dan Rp300 ribu pada Gelombang II pada Juli – Desember 2020.


Bantuan Sosial Tunai (BST) ini mulanya direncanakan berjalan hingga Desember 2020. Namun karena masyarakat dirasakan masih butuh BST, program yang dijalankan sejak April 2020 ini diperpanjang hingga tahun depan.


Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan secara umum, hal itu dilakukan Kemensos dengan perluasan target penerima manfaat dan meningkatkan indeks bantuan. Hal ini didukung juga oleh, Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras yang menyatakan, Kemensos memiliki kontribusi signifikan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi.


“Pemerintah melakukan percepatan dan penguatan subsidi dan bansos untuk masyarakat miskin dan rentan miskin. Tercatat pagu Kemensos untuk program PEN mencapai Rp128,168 triliun, dengan realisasi sudah di angka 81%. Ini tentu diharapkan memberikan dorongan kuat terhadap pemulihan ekonomi,” kata Sekjen di Jakarta 18 Oktober 2020.


Tercatat realisasi BST Rp 300 Ribu secara nasional hingga saat ini sudah mencapai 82 persen.


Bermodalkan NIK dan KTP Anda dapat mengecek penerima BST 300 Ribu pada November ini dengan Login ke dtks.kemensos.go.id


Berikut cara cek NIK KTP Anda untuk memastikan terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan:


1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id


2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS).


3. Pilih ID berupa NIK.


4. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


5. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).


6. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.


7.Terakhir, klik kata 'cari'.


8. Akan muncul pop up data penerima bantuan sosial dari Kemensos


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, bansos BST ini di 2021 kuotanya bertambah 1 juta KPM sehingga total penerima 10 juta KPM.


Muhadjir menjelaskan hingga saat ini progres penyaluran Bansos (Program Sembako, PKH, BST, Bansos Jabodetabek, Bansos beras KPM PKH, Bansos tunai KPM sembako) dari total anggaran Rp 127,2 triliun telah tersalurkan sebesar Rp 112,9 triliun.


Dan untuk mengecek nama penerima BST Bansos Rp 300 Ribu, Anda dapat langsung mengecek ke link berikut ini https://dtks.kemensos.go.id/ kemudian konfirmasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Demikian informasi yang dapat admin belajardirumah.org berikan mengenai Syarat dan Cara Lengkap Dapat BLT BST Rp 300 Ribu dari Kemensos, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari berita dan informasi mengenai Daftar bantuan langsung tunai (BLT) atau bantuan sosial tunai (BST) dari pemerintah. ***

close