BURUAN Cek Nama Anda DISINI, 9 Juta KK Dapat Bansos BST Rp300 Ribu per KK, Pastikan Nama Anda Terdaftar dan Begini Cara Daftarnya

Advertisement

BURUAN Cek Nama Anda DISINI, 9 Juta KK Dapat Bansos BST Rp300 Ribu per KK, Pastikan Nama Anda Terdaftar dan Begini Cara Daftarnya

Kamis, 26 November 2020

Belajardirumah.org -  Alhamdulillah kabar gembira untuk rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia, Pasalnya Kementerian Sosial memperpanjang Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Juni 2021. Hal ini telah dipastikan oleh Mensos Juliari Batubara. Simak keterangan lengkapnya dibawah ini.


Menurut Juliari, pada tahun depan besaran bantuan yang diberikan tidak seperti pada tahun ini, hanya sebesar Rp200.000 per kepala keluarga (KK).


Jumlah dana bantuan yang lebih sedikit ini, dikarenakan pertimbangan beberapa hal. Di antaranya untuk bisa menambah jumlah KPM, ketersediaan anggaran dan perkiraan dampak pandemi Covid-19 semakin berkurang di tengah masyarakat.


"Mudah-mudahan nanti jumlah dana per KPM di 2021 bisa sama dengan 2020, yakni Rp300 ribu," ujar Mensos.


Mensos mengapresiasi penyaluran BST PT Pos Indonesia untuk Sumut yang sudah terealisasi cukup bagus hingga 90,3 persen. Dana BST tersebut, diharapkan bisa menekan angka kemiskinan di Indonesia.


Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mencatat ada 29 juta warga miskin di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 20 juta sudah mendapat bantuan bantuan dari Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan 10 juta diantaranya mendapat Program Keluarga Harapan (PKH).


"Jadi, Program BST menjangkau 9 juta warga miskin yang belum mendapat program reguler, baik BPNT maupun PKH," katanya.


Nilai BST Gelombang I sebesar Rp600 ribu per KPM selama tiga tahap, yakni April-Mei-Juni. Gelombang II sebesar Rp300 ribu per KPM selama enam tahap, yakni Juli-Desember 2020.


Nilai bantuan disesuaikan karena situasi krisis membaik dan harga berbagai barang mulai stabil.


Sementara masyarakat atau keluarga yang ingin cek dapat bantuan ini atai tidak bisa dilakukan dengan cara berikut:


  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/.
  2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK.
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  6. Klik kata 'cari' lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan sosial bansos BST.


Demikian informasi terbaru dari belajardirumah.org mengenai Cek Nama Anda DISINI, 9 Juta KK Dapat Bansos BST Rp300 Ribu per KK, Pastikan Nama Anda Terdaftar dan Begini Cara Daftar dan Syarat yang harus dipenuhi calon penerima. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia.***