BURUAN Cek Sebelum Terlambat ! Cek KTP NIK Anda di LINK Ini , Bansos BST 2021 Rp300 Ribu Segera Cair

BURUAN Cek Sebelum Terlambat ! Cek KTP NIK Anda di LINK Ini , Bansos BST 2021 Rp300 Ribu Segera Cair

Selasa, 10 November 2020

Belajardirumah.org -   Bansos BST dipastikan diperpanjang di tahun 2021 hingga bulan Juni. Sebelum terlambat cek KTP NIK di https://dtks.kemensos.go.id, apakah Anda termasuk penerima bansos BST di tahun 2021 atau tidak karena bulan Januari 2021 langsung cair.


Berikut cara mengecek KTP NIK Anda di laman https://dtks.kemensos.go.id/


  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/.
  2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Untuk mempermudah, pilih ID berupa NIK.
  3. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  6. Terakhir, klik kata 'cari'.
  7. Nantinya akan muncul pop up data penerima bantuan sosial dari Kemensos. 


Bansos reguler terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako. Dalam rangka penanganan Covid-19, Bansos PKH diperluas kepesertaannya dari 9,2 juta menjadi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang semula menerima per tiga bulan menjadi setiap bulan.


Untuk bantuan sosial non reguler yang akan diberikan adalah Bansos Sosial Tunai (BST) yang jumlahnya ditingkatkan semula 9 juta Kelompok Penerima Manfaat (KPM) pada tahun 2020 menjadi 10 juta KPM di tahun 2021.


Anggaran bansos BST ini sebesar 300.000 per KPM per bulan.


Program Sembako (Bantuan Pangan Non Tunai/BPNT) ada perluasan target dan peningkatan indeks dari semula 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM, dengan indeks dari Rp150 ribu/KPM/bulan menjadi Rp200 ribu/KPM/bulan.


Untuk Bansos Tambahan, diluncurkan Bansos Beras (BSB) untuk 10 juta KPM PKH, dan Bansos Uang Tunai untuk KPM BPNT/Program Sembako Non-PKH dengan indeks Rp500 ribu sekali salur kepada 9 juta KPM.


Nah Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Cek KTP NIK Anda di LINK Ini , Bansos BST 2021 Rp300 Ribu Segera Cair, Semoga ada manfaatnya untuk rekan--rekan semua. ***