BURUAN Daftar ! CAIR Bulan Ini, Bansos BLT BST Rp500 Ribu per KK Non PKH , Berikut Cara Daftar dan Cara Cek Daftar Penerima Seluruh Indonesia

Advertisement

BURUAN Daftar ! CAIR Bulan Ini, Bansos BLT BST Rp500 Ribu per KK Non PKH , Berikut Cara Daftar dan Cara Cek Daftar Penerima Seluruh Indonesia

Kamis, 12 November 2020

Belajardirumah.org - Informasi Bagi Anda yang masih kebingungan cara cek penerima Bansos Rp500 ribu per KK Non PKH Kemensos, lengkap cara daftar dan syaratnya, berikut ini tata caranya. Kementerian Sosial (Kemensos) tengah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bansos Rp500 ribu per Kepala Keluarga (KK) non PKH. Berikut cara daftar dan syaratnya agar mendapatkan bansos tersebut.


Bantuan Sosial Non-PKH sebesar Rp500 ribu akan diberikan kepada 9 juta penerima yang bukan merupakan penerima non Program Keluarga Harapan (PKH).


Bantuan Sosial Tunai ini akan disalurkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak Covid-19 dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Pos Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).


“Akan ada 9 juta keluarga yang menerima bantuan kali ini dan dengan jumlah stimulus atau bantuan tunai senilai Rp 500 ribu per KK dan diberikan sekali saja,” ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama.


Program bantuan BLT Bansos Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) non PKH dapat dilakukan dengan cara dan persyaratan yang cukup mudah.


Syarat utama untuk mendapatkan BLT ini adalah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima Program Keluarga Harapan atau Non PKH.


Adapun cara membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai berikut:


1. Mendatangi pemerintah daerah setempat seperti RT/RW untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


2. Setelah mendaftar, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi cara pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.


Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT Bansos Rp500 ribu atau tidak dapat di cek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.


Di mana calon penerima perlu memasukkan ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


Untuk diketahui, dana bantuan tersebut telah dimulai pencairan dananya pada September lalu. Dalam pencairan dana tersebut pihak Kemensos akan mentransfer langsung ke nomor rekening pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial.


Selain itu bagi penerima BLT Rp500 ribu dapat mencairkan dana tersebut melalui mesin ATM, kantor cabang, maupun E-warung.


Pemerintah setidaknya telah mengalokasikan dana sebesar Rp4,5 triliun untuk penyaluran BLT bansos tersebut.


Pemerintah mengharapkan dengan adanya bantuan sosial tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengutamakan kebutuhan pokok.


Demikian informasi mengenai Cara Cek Daftar Penerima Bansos BST Rp500 Ribu per KK Non PKH Kemensos , Semoga ada manfaatnya untuk teman-teman semua yang sedang mencari informasi tentang bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Terima atas kunjungannya sampai jumpa di postingan selanjutnya. ***