BURUAN Daftar ! Temui RT/RW Untuk Dapat BLT Rp 2,4 Juta Pendaftaran Sampai Akhir November 2020 , Cek Cara Daftar Online DISINI

BURUAN Daftar ! Temui RT/RW Untuk Dapat BLT Rp 2,4 Juta Pendaftaran Sampai Akhir November 2020 , Cek Cara Daftar Online DISINI

Minggu, 08 November 2020

Belajardirumah.org -     Bantuan Langsung Tunau (BLT) atau Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) atau Banpres senilai Rp2,4 juta diberikan pemerintah kepada 12 juta pelaku UMKM.


Masyarakat yng ingin dapat bantuan ini masih bisa daftar hingga akhir November 2020 ini dengan cara datang ke kantor lembaga pengusul dan melengkapi syarat yang dibutuhkan.


Pendaftar yang berhak menerima bantuan ini dan dapat SMS dari BRI INFO bisa konfirmasi namanya di formulir online (eform) di link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP.


Bantuan BLT Banpres UMKM Tahap 1 sudah mulai cair sejak Oktober 2020 lalu tetapi masih dibuka pendaftarannya karena kuota yang semula 9 juta kini ditambah 3 juta penerima lagi.


Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachma, beberapa daerah akan digenjot penyerapannya agar bisa disalurkan lebih banyak.


Beberapa daerah dengan seapan rendah yang kemudian akan diprioritaskan mendapatkan bantuan ini ada di luar Pulau Jawa seperti Maluku, Kalimantan, hingga NTT.


Sebagaimana diberitakan Berita DIY sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar program bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro atau BPUM dilanjutkan pada 2021 mendatang.


"Kami sekarang sudah menerima data 28 juta pelaku usaha mikro, padahal alokasinya untuk 12 juta pelaku usaha mikro. Namun, kita akan masih coba terus mencari solusinya, mudah-mudahan tahun 2021 kami telah usulkan kembali untuk terus dilanjutkan," ujar Menteri Teten.


"Terkait banpres untuk 9,1 juta, saya kira sudah kita selesaikan. Jadi, prosedurnya pengusul ada lima pihak yakni pemerintah daerah, koperasi, bank Himbara, dan ada juga kementerian serta lembaga," kata Menkop.


CARA DAFTAR TEMUI RT/RW 


Sebelumnya memang bisa daftar secara online namun karena banyak yang daftar akhirnya dibuka offline.


Daftar bisa langsung menuju Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten atau Kotamadya.


Seperti Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang.  Memberi pengumuman pendataan pelaku usaha mikro sehubungan dengan program stimulus modal usaha bagi pelaku UMKM.


Untuk kabupaten atau kotamadya lain sepertinya akan sama.


Jadi, untuk mendapatkan bantuan pemerintah Rp 2,4 juta untuk modal usaha pelaku UMKM dasarnya ketemu RT/RW lebih dulu.


Untuk dibuatkan surat pengantar oleh RT/RW dan kemudian menuju kabupaten atau kotamadya.


Berikut adalah cara daftar UMKM biar dapat Banpres Rp 2,4 juta yang dihimpun dari situs depkop.go.id :


  • Mendaftarkan usahanya ke Dinas Koperasi Kabupaten/Kota dengan melampirkan bukti memiliki usaha mikro dari pengusul
  • Pendaftaran bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung atau online melalui link https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/
  • Kementerian Koperasi akan melakukan penilaian kelayakan bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Jika pendaftar dianggap layak menerima dana BLT ini, uangnya akan ditransfer langsung ke rekening pendaftar.
  • Adapun syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:
  • Para pelaku usaha mikro tidak sedang menerima kredit dari perbankan.
  • Pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul sebagai lampiran.
  • Bukan ASN atau PNS, bukan anggota TNI/POLRI, bukan pegawai BUMN/BUMD.


Cara cek bantuan UMKM Rp 2,4 juta di eform. bri.go.id:


  • Buka situs eform.bri.co.id
  • Scroll ke bawah kemudian klik BPUM (cek data BPUM)
  • Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi yang tertera di situs
  • Klik Proses Iquiry.

Pendaftar yang dinyatakan sebagai penerima akan mendapatkan informasi tentang statusnya, sedangkan pelaku UMKM yang tidak diterima atau tidak terdaftar akan muncul notifikasi sebagai berikut:


“Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.”


Sedangkan pelaku UMKM yang namanya terdaftar akan mendapatkan notifikasi sebagai berikut:


"Nomor eKTP terdaftar sebagai penerima BPUM an. ...... dengan nomor rekening ....... Untuk verifikasi dan pencairan hubungi Kantor BRI terdekat membawa eKTP".


Setelah itu pelaku UMKM bisa datang ke bank penyalu runtuk mencairkan bantuannya. Bantuan sebesar Rp2,4 juta ini diberikan secara gratis tanpa ada potongan biaya apapun.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org dapat berikan tentang Cara daftar online BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi mengenai BLT dari pemerintah yang terbaru 2020. ***