CATAT ! BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Tahap 1 Sudah Cair, Berikut Bocoran Jadwal BSU Tahap 2, Buruan Cek DISINI Jadwalnya

Advertisement

CATAT ! BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Tahap 1 Sudah Cair, Berikut Bocoran Jadwal BSU Tahap 2, Buruan Cek DISINI Jadwalnya

Selasa, 10 November 2020

Belajardirumah.org -     Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memastikan bahwa pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan mulai dilakukan pada Senin, 9 November 2020.


Pencairan termin 2 ini merupakan kelanjutan dari BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 1. Jumlah yang diterima pekerja atau buruh pun masih sama, yakni Rp1,2 juta.


Untuk tahap pertama yang cair sejak Senin kemarin, BLT BPJS Ketenagakerjaan akan diberikan untuk 2,1 juta pekerja.


"Kita pastikan termin II BSU sudah cair hari ini. Siang tadi saya dapat laporan bahwa data penerima BSU tahap 1 sebanyak 2.180.382 orang sudah diproses ke KPPN," terang Ida, Senin, 9 November 2020, dikutip Portal Jember dari website Kemnaker.


Lebih lanjut, Ida mengungkap bahwa pencairan akan dilakukan untuk pekerja yang memiliki rekening Bank Himbara maupun bank lainnya.


"Selanjutnya akan ditransfer ke Bank Penyalur dan dicairkan ke masing-masing rekening penerima baik rekening Himbara maupun non-Himbara sama dengan mekanisme termin pertama," sambungnya.


Selain itu, proses penyaluran kali ini juga berbeda dari termin sebelumnya. Sebab, Kemnaker harus melakukan pemadanan data dengan data wajib pajak.


Proses pemadanan data ini merupakan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai evaluasi penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan agar tepat sasaran.


"Kemnaker bersama BPJS Ketenagakerjaan saling berkoordinasi dengan DJP untuk melakukan pemadanan data," tuturnya.


"Alhamdulillah hasil nya sudah kami terima hari Jumat lalu dan dapat kami jadikan dasar untuk proses pembayaran termin II hari ini," sambung Ida.


Ida juga memastikan bahwa pekerja atau buruh yang telah memenuhi syarat, akan tetap mndapatkan pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 sesuai prosedur.


Lantas, kapan pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 tahap 2 akan dilakukan?


Menaker Ida mengungkap bahwa pihaknya terus berupaya mempercepat proses penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan di termin 2.


"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses 2 tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," katanya.


Jika proses penyaluran BSU sesuai dengan pernyataan Menaker Ida, kemungkinan besar tahap 2 akan cair dalam waktu dekat.


Tak menutup kemungkinan BLT BPJS Ketenagakerjaan termin 2 tahap 2 dicairkan dalam minggu ini.


Nah Demikian berita dan informasi yang dapat admin belajardirumah berikan mengenai BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Tahap 1 Yang Sudah Cair serta Bocoran Jadwal BSU Tahap 2 atau Gelombang 2, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari jadwal pembayaran BLT BPJS Tenaga Kerja. ***