CATAT ! Jadwal CPNS Tahun 2021 Dibuka Bulan Maret, Simak Tips Agar Lolos dan Formasi Yang Dibuka

Advertisement

CATAT ! Jadwal CPNS Tahun 2021 Dibuka Bulan Maret, Simak Tips Agar Lolos dan Formasi Yang Dibuka

Sabtu, 07 November 2020

Belajardirumah.org -    Jangan bersedih bagia yang belum bisa lulus CPNS di tahun 2020. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 segera dibuka awal Maret tahun depan.


Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo.


Selain itu, karier di dunia PNS masih menjadi salah satu primadona di Indonesia. Hal itu terlihat dari angka pendaftar CPNS dari tahun ke tahun yang selalu membeludak.


Sebagaimana diberitakan FixMakassar.com dalam artikel "Pendaftaran CPNS 2021 Dimulai Awal Maret, Ini 6 Tips Jika Ingin Lulus Tes SKD", Semakin banyak yang ingin menjadi PNS tentunya saingan juga akan semakin besar .


Dalam seleksi CPNS ada dua tes yang mesti Anda lewati yaitu tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).


Dalam tes SKD terdapat tiga bidang yakni bidang Tes lntelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan jika ingin lulus passing grade di tes SKD CPNS 2021.


1. Kecepatan dan Ketepatan


Dalam mengisi jawaban saat test diperlukan kecepatan dan ketepatan. Hal ini dilakukan untuk mencapai ambang batas waktu yang telah ditentukan.


2. Latihan Membaca


Untuk soal Tes Intelegensi Umum (TIU), setiap peserta dianjurkan untuk sering melakukan latihan membaca serta mengamati pola pertanyaan dan jawaban dari soal sebelumnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar soal yang diberikan memiliki pola yang hampir sama.


3. Pelajari Makna Pancasila dan Undang-Undang


Untuk soal tes Wawasan Kebangsaan (TWK), peserta harus sering membaca tentang Undang-Undang, Pancasila, serta penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


4. Posisikan Diri sebagai PNS saat Mengerjakan soal TKP


Saat mengerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Anda harus memposisikan diri sebagai ASN, yang memiliki karakteristik yang profesional, berintegritas, siap mengabdi pada negara, dan mengutamakan kepentingan publik sebelum kepentingan pribadi.


5. Tenang dalam Mengerjakan Soal


Saat mengerjakan soal sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Jangan lupa juga untuk selalu memahami materi tes. Untuk strategi pengerjaan soal, peserta tetap harus berhati-hati.


6. Jaga Kesehatan


Kesehatan sangatlah penting, kondisi kesehatan yang kurang baik akan mengurangi konsentrasi Anda dalam mengerjakan soal.


Karena itu, Usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, serta berolahraga ringan secara teratur. Terlebih saat seminggu sebelum tes dilaksanakan.


Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan jika ingin lulus passing grade saat tes seleksi CPNS.


Demikian informasi mengenai Jadwal pembukaan CPNS Tahun 2021 yang akan dibuka bulan maret, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua. ***