CEK Nama Anda DISINI, BLT Subsidi Gaji BPJS Sudah Cair ke 10,4 Juta Karyawan hingga Tahap 4, Lapor Kesini Jika Belum Ditransfer

CEK Nama Anda DISINI, BLT Subsidi Gaji BPJS Sudah Cair ke 10,4 Juta Karyawan hingga Tahap 4, Lapor Kesini Jika Belum Ditransfer

Sabtu, 21 November 2020

Belajardirumah.org - Alhamdulillah kabar gembira untuk seluruh karyawan atau pekerja. BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan sudah cair ke 10,48 juta karyawan hingga tahap 4. Pekerja yang ingin cek daftar penerima bisa akses link resmi kemnaker.go.id. Silahkan rekan-rekan cek selengkapnya dibawah ini ya.


Sedangkan karyawan yang belum ditransfer bantuan subsidi upah (BSU) Rp2,4 juta ini namun merasa berhak dan memenuhi syarat bisa segera melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan.


Jika mengacu pada jumlah karyawan yang cair di termin 1 sebesar Rp12,4 juta karyawan, maka karyawan yang belum dapat bantuan ini mencapai sekitar 1,92 orang yang diperkirakan akan cair di tahap 5 nanti.


Data 10,48 juta karyawan yang sudah cair itu berasal dari tambahan karyawan yang cair di tahap 4 ini mencapai 2,44 juta orang pada hari ini, Jumat 20 November 2020.


Berikut rincian daftar karyawan yang sudah disalurkan banntuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan di termin 2 ini:


Tahap 1: 2.180.382 pekerja/buruh,


tahap 2: 2.713.434 pekerja/buruh,


tahap 3: 3.149.031 pekerja/buruh, dan


tahap 4: 2.442.289 pekerja/buruh.


"Alhamdulillah, pemerintah kembali menyalurkan bantuan subsidi gaji batch IV untuk termin kedua ini kepada 2,44 juta pekerja/buruh dengan anggaran yang disalurkan mencapai Rp 2,93 triliun " kata Menaker Ida Fauziyah melalui keterangan persnya, Jumat (20/11/2020) dikutip Berita DIY dari laman resmi Kemnaker.


Lebih lanjut Menaker menjelaskan, pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah memproses dana subsidi gaji/upah tersebut kepada Bank Penyalur, untuk selanjutnya ditransfer ke rekening penerima baik himbara maupun non-himbara.


Jika dijumlahkan dari tahap I hingga tahap IV, pemerintah telah menyalurkan subsidi gaji termin kedua kepada 10,48 juta penerima atau 84,5 persen dari keseluruhan penerima yang mencapai 12,4 juta orang.


Karyawan yang tidak sabar namun mengharapkan kepastian mendapat bantuan ini di tahap 4 atau tahap 5 bisa cek nama mereka melalui akun kemnaker di www.kemnaker.go.id dengan cara sebagai berikut:


  1. Buka website resmi Kementerian Ketenagakerjaan di www.kemnaker.go.id
  2. Klik tombol "Daftar" di pojok kanan atas website
  3. Klik "Daftar Sekarang" di bagian bawah kolom masuk jika belum mempunyai akun
  4. Isi data diri seperti NIK, Nama Orang Tua, Email, Nomor HP, dan Password, kemudian Klik "Daftar Sekarang"
  5. Setelah selesai, sistem akan mengirimkan kode OT via SMS ke nomor hp yang terdaftar
  6. Lakukan aktivasi akun dengan cara masuk kembali ke website dan klik "Masuk" di pojok kanan atas website.
  7. Kemudian isi formulir yang tersedia dengan lengkap
  8. Setelah lengkap, akan muncul status pemberitahuan di dashboard apakah masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker atau tidak.
  9. Jika namanya sudah terdaftar dalam sistem Kemnaker, namun belum mendapatkan bantuan subsidi gaji, bisa klik "Kirim Aduan" untuk mengadukan keluhannya.


Pengaduan juga bisa disampaikan melalui nomor WhatsApp (WA): 08119303305 atau nomor telepon: 021-50816000.


Sebagaimana diketahui, BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan ini hanya cair ke karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta dan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan hingga 30 Juni 2020.


Demikian informasi terbaru mengenai BLT Subsidi Gaji BPJS Sudah Cair ke 10,4 Juta Karyawan hingga Tahap 4, Lapor Kesini Jika Belum Ditransfer, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang menunggu pencairan BLT BPJS Tahap 4.***