CUKUP Modal Kartu Ini Dapat BLT Non PKH Rp 500 Ribu, Buruan Daftar Karena Masih Dibuka, Cek Cara Daftarnya DISINI

Advertisement

CUKUP Modal Kartu Ini Dapat BLT Non PKH Rp 500 Ribu, Buruan Daftar Karena Masih Dibuka, Cek Cara Daftarnya DISINI

Senin, 16 November 2020

Belajardirumah.org - Kabar baik dan gembira, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan Bantuan Sosial Non PKH sebesar Rp500 ribu bagi masyarat yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Bantuan Sosial Non PKH sebesar Rp500 ribu pada dasarnya ditujukan untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.


Bantuan ini diberikan kepada 9 juta penerima yang bukan merupakan penerima non Program Keluarga Harapan (PKH) kini telah dalam tahap penyaluran seperti beberapa bantuan lain seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan BPNT yang pencairannya dengan sistem sekali salur.


Bantuan Sosial Tunai akan disalurkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak Covid-19 dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Pos Indonesia, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).


 “Akan ada 9 juta keluarga yang menerima bantuan kali ini dan dengan jumlah stimulus atau bantuan tunai senilai Rp 500 ribu per KK dan diberikan sekali saja,” ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama.


Program bantuan BLT Bansos Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) non PKH dapat dilakukan dengan cara dan persyaratan yang cukup mudah.


Syarat utama untuk mendapatkan BLT ini adalah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima Program Keluarga Harapan atau Non PKH.


Oleh sebab itu, pertama-tama Anda harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dahulu, jika belum begini cara membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS):


Mendatangi pemerintah daerah setempat seperti RT/RW untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Setelah mendaftar, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi cara pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT Bansos Rp500 ribu atau tidak dapat di cek langsung melalui laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.


Berikut adalah cara mengecek penerima bansos Kemensos Non PKH Rp500 ribu rupiah:


  1. Buka website siks.kemsos.go.id
  2. Pilih nomor identitas yang akan di cek
  3. Isi nomor identitas yang telah dipilih
  4. Isi nama lengkap sesuai kartu identitas
  5. Masukkan kata atau karakter yang muncul di kolom CAPTCHA
  6. Klik “cari” selanjutnya data yang dicari akan muncul

Di mana calon penerima perlu memasukkan ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau peserta Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


Dalam pencairan dana tersebut pihak Kemensos akan mentransfer langsung ke nomor rekening pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial.


Selain itu bagi penerima BLT Rp500 ribu dapat mencairkan dana tersebut melalui mesin ATM, kantor cabang, maupun E-warung.


Masyarakat yang belum pernah dapat bansos BST PKH maupun Non-PKH maupun mengalami kendala dalam pencairan bantuan ini bisa lapor melalui email bansoscovid19@kemsos.go.id.


Atau Anda dapat melapor melalui nomor Whatsapp 0811 10 222 10 dengan format: Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat lengkap (spasi) aduan.


Kementerian sosial Jika Anda belum menerima bantuan tersebut bisa cek daftar penerimanya secara online di cekbansos.siks.kemsos.go.id atau melalui aplikasi SIKS-Dataku.


Baca Juga : SEGERA Ajukan ! Daftar BLT Terbaru JPS Kemnaker, Ada Insentif Rp 40 Juta,


Demikian informasi terbaru mengenai Modal KKS dapat BLT Rp 500 Ribu Non PKH Berikut Cara Daftarnya, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang berada diseluruh Indonesia, Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua. ***