HANYA Pakai KTP Klik Link eform.bri.co.id/bpum Cek BLT UMKM Rp2,4 Juta, Ini Cara Mudah Daftar Banpres BPUM Agar Bisa Lolos

HANYA Pakai KTP Klik Link eform.bri.co.id/bpum Cek BLT UMKM Rp2,4 Juta, Ini Cara Mudah Daftar Banpres BPUM Agar Bisa Lolos

Senin, 23 November 2020

Belajardirumah.org - Penting untuk diketahui rekan-rekan semua hanya modal KTP, cek online daftar penerima bantuan BLT UMKM di link eform.bri.co.id/bpum. Berikut cara daftar banpres usaha mikro (BPUM) agar dapat Rp2,4 juta gratis dari pemerintah.


Pendaftaran bantuan BLT UMKM tahap 2 masih dibuka hingga akhir bulan ini dan akan disalurkan hingga Desember 2020.


Sedangkan penyaluran bantuan tahap 1 sudah dilakukan sejak bulan Oktober 2020 lalu.


Penerima bantuan BLT UMKM yang memenuhi syarat mendapatkan SMS BPUM dari BRI INFO untuk mencairkan bantuannya.


Pelaku UMKM bisa konfirmasi SMS tersebut melalui formulir online di link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP.


Pelaku UMKM yang nomor eKTP terdaftar di eform tersebut bisa mencairkaan bantuannya di bank BRI terdekat dengan membawa kartu identitas.


Sedangkan pelaku UMKM yang namanya tidak terdaftar di link tersebut disebabkan beberapa faktor. Diantaranya karena tidak memenuhsi syarat.


Sebagaimana ditetapkan Kementerian Koperasi dan UKM, ada 6 golongan yang tidak berhak mendapatkan BPUM ini, mereka adalah ASN, anggota TNI, POLRI, pegawai BUMN/BUMD, dan pelaku UMKM yang sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank (KUR).


Selain itu, pelaku UMKM yang sudah pernah dapat pinjaman modal atau Kredit Usaha rakyat (KUR) juga tidak berhak dapat bantuan ini.


Hal ini dikarenakan bantuan banpres BPUM ini hanya menyasar pelaku usaha mikro (UKM) yang tidak pernah terakses bank (unbankable).


Tidak hanya itu, bantuan ini hanya menyasar usaha mikro yang memenuhi kriteria sesuai UU No 20 tahun 2008, berikut ini:


  • Memiliki kekayaan paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha: atau
  • Memiliki penghasilan penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta
  • Selain persyaratan di atas tidak boleh mendapatkan banpres Produktif usahan mikro


Sedangkan pelaku UMKM yang namanya tidak terdaftar di link tersebut bisa daftar agar dapat bantuan rp2,4 juta ini ke kantor lembaga pengusul berikut ini:


  • Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Kementerian/Lembaga
  • Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.

Setelah daftar, jika memenuhi syarat, jika bantuannya disalurkan melalui bank BRI, akan dapat SMS notifikasi dari BRI INFO.


Kemudian pelaku UMKM bisa cek nama penerima di eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP.


Jika nomor eKTP tertera sebagai penerima, pelaku bisa datang ke kantor bank penyalur terdekat untuk mencairkan bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM Rp2,4 juta dengan membawa KTP.


Demikian berita dan kabar terbaru dari belajardirumah.org mengenai Hanya Pakai KTP Klik Link eform.bri.co.id/bpum Cek BLT UMKM Rp2,4 Juta, Ini Cara Mudah Daftar Banpres BPUM Agar Bisa Lolos. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan calon penerima, Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua.***