HORE ! Catat Disini, Ada 8 Bantuan Sosial yang Diperpanjang Oleh Pemerintah Hingga 2021, Cek Daftar Lengkapnya DISINI

HORE ! Catat Disini, Ada 8 Bantuan Sosial yang Diperpanjang Oleh Pemerintah Hingga 2021, Cek Daftar Lengkapnya DISINI

Senin, 23 November 2020

Belajardirumah.org - Sekedar informasi untuk rekan-rekan pencari bantuan pemerintah, Berikut daftar delapan (8) bantuan sosial (bansos) dari pemerintah yang diperpanjang hingga tahun 2021. BLT subsidi gaji adalah salah satu bantuan sosial yang diperpanjang hingga tahun depan atau tahun 2021.


Perpanjangan pemberian bantuan sosial dari pemerintah ini guna membantu penerima yang ekonominya terdampak Covid-19.


Dikarenakan pandemi Covid-19, sektor perekonomian menjadi hal yang paling penting untuk dilindungi.


Dengan adanya berbagai pemberian bantuan sosial (bansos), diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat yang sempat menurun.


Adapun delapan bantuan sosial (bansos) yang diperpanajang hingga tahun 2021, dilansir dari Bappenas dan Antara News, sebagai berikut.


1. BLT UMKM Banpres Produktif


BLT UMKM Banpres Produktif merupakan program yang diberikan kepada para pelaku UMKM dengan besaran bantuan Rp 2,4 juta.


Syarat yang harus dipenuhi calon penerima yaitu memiliki usaha dan KTP, bukan termasuk ASN, TNI/POLRI, serta Pegawai BUMN/BUMD, tidak sedang menerima kredit pembiayaan dari perbankan dan KUR.


2. BLT Subsidi Gaji


Program BLT subsidi gaji merupakan program bantuan langsung tunai yang diberikan kepada para pekerja bergaji di bawah Rp5 juta dengan total bantuan sebesar Rp2,4 juta per penerima.


Selain bergaji di bawah Rp5 juta, calon penerima juga harus memenuhi syarat lainnya yaitu memilik NIK, aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya hingga Juni 2020, dan memiliki rekening aktif.


3. Kartu Prakerja


Kartu prakerja merupakan program yang bersifat semi bantuan sosial yang diperuntukkan bagi para pencari kerja maupun korban PHK.


Hanya ada tiga syarat untuk bisa mendaftar program ini, yaitu memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), sudah berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah.


4. BLT Rp 500 Ribu per KK Non PKH


BLT Rp 500 ribu per KK non PKH merupakan program bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial yang diberikan ke kepala keluarga.


Calon penerima bantuan harus memenuhi syarat antara lain keluarga yang bukan penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Penerima juga merupakan penerima bantuan program bantuan pangan nontunai (BPNT) atau kartu sembako.


5. Program Keluarga Harapan


Program keluarga harapan merupakan progam pemberian bantuan sosial bersyarat pada keluarga miskin yang telah ditetapkan kepada penerima.


Ada empat komponen dalam satu keluarga penerima PKH yaitu kategori ibu hamil/nifas, kategori anak usia dini s.d. 6 tahun, kategori pendidikan anak wajib belajar 12 tahun, kategori penyandang disabilitas berat, hingga kategori lanjut usia.


6. Kartu Sembako


Kartu sembako merupakan progam yang bertujuan agar rakyat miskin dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya, terlebih di masa pandemi seperti ini.


Penerima bantuan yang termasuk dalam program perlindungan nasional ini perlu mengecek datanya di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.


7. BST Kemensos


Meenurut Mensos Juliari P.Batubara, BST akan disalurkan di tahun 2021 periode Januari hingga Juni.


BST di tahun 2021 adalah bantuan sebesar Rp300 ribu yang akan diberikan per KPM per bulan, dana yang akan dialokasikan untuk BST sebesar Rp12 triliun.


8. Bansos Beras


Keputusan perpanjangan bansos beras di tahun 2021 masih menunggu keputusan dan arahan Presiden.


Hingga kini pemerintah belum memutuskan keputusan terkait perpanjangan banasos beras, selain itu bansos beras juga mempertimbangkan kondisi pasokan beras saat ini. 


Demikian informasi terbaru yang dapat admin belajardirumah.org berikan mengenai 8 Bantuan Sosial yang Diperpanjang Oleh Pemerintah Hingga 2021, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi mengenai bantuan terbaru dari pemerintah.***