HORE! Sudah Cair Segera Cek Nama Penerima BST Rp 300 ribu, Begini Syarat dan Cara Klaim Bansos BST, Buruan Cek Di LINK Ini -->

HORE! Sudah Cair Segera Cek Nama Penerima BST Rp 300 ribu, Begini Syarat dan Cara Klaim Bansos BST, Buruan Cek Di LINK Ini

Minggu, 29 November 2020

Belajardirumah.org - Sekedar informasi untuk seluruh rekan-rekan dimanapun berada, Direktur Jendral Penanganan Fakir Miskin (PFM) Asep Sasa Purnama menilai Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan bentuk perlindungan sosial dan juga sebagai progres Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Indonesia.


Dirjen PFM juga menjelaskan BST Rp300 ribu ini akan tetap berjalan hingga Desember 2020. Dan target akhir tahun untuk penyaluran BST ini diperkirakan mencapai 99,2%.


Sejauh ini penyaluran BST RP 300 ribu baru mencapai 93,14%, hasil ini pun didukung dari pemerintah daerah (Pemda) yang mampu mengkoordinasi data penduduk.


"Realisasi tersebut tidak mungkin kita capai jika tidak kita lakukan bersama,” jelas Dirjen PFM seperti yang dikutip Fix Indonesia pada laman resmi Kemsos.go.id.


Dirjen PFM juga mengimbau setiap daerah baik kabupaten/kota rutin mengupdate data terkait penerima BST Rp 300 ribu, Hal tersebut dia sampaikan pada sesi Focus Group Discussion (FGD) Penyaluran Bansos PFM Wilayah I se-Provinsi Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, dan Aceh Rabu 25 November 2020.


Menurut Asep sewaktu awal Bantuan Sosial Tunai dari 514 kabupaten/kota hanya setengah yang aktif untuk terus mengupdate data, padahal program kita berjalan berdasarkan data-data tersebut. 


“Untuk tahun 2021 daerah diharapkan lebih aktif untuk mengupdate data-datanya, “jelas Asep Sasa.


Sasa mengingatkan agar daerah kabupaten/kota dapat mengerahkan Pekerja Sosial Masyarakat dan karang taruna untuk pendampingan pendataan di tingkat kecamatan agar data yang dihasilkan lebih baik lagi.


Masyarakat yang ingin mendapatkan BST Rp 300 ribu dari Kemensos dapat memenuhi syarat sebagai berikut:


1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.


2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi corona.


3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.


4. Untuk mengecek nama penerima BST Bansos Rp 300 Ribu, Anda dapat langsung mengecek ke link berikut ini https://dtks.kemensos.go.id/ kemudian konfirmasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Untuk melihat status masayrakat sebagai penerima BST Rp 300 ribu dari Kemensos, dapat mengikuti tata cara berikut:


1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/


2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS).


3. Pilih ID berupa NIK.


4. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


5. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).


6. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.


7. Terakhir, klik kata 'cari'.


8. Akan muncul pop up data penerima bantuan sosial dari Kemensos


Sementara bagi Anda yang sudah mengecek namun belum terdaftar pada dtks.kemensos.go.id, Anda dapat melapor pada ketua RT/RW atau perangkat Desa tempat Anda tinggal agar segera di data dan data tersebut bisa dimasukan ke dtks.kemensos.go.id.


Demikian informasi yang dapat belajardirumah.org berikan mengenai Sudah Cair Segera Cek Data Penerima Bansos BST Rp 300 ribu, Begini Syarat dan Cara Klaim BST. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang menunggu pencairan BST Tahun 2020. ***