INGIN Dapat BLT BST Rp 500 Ribu Non PKH Dari Kemensos? Cukup Temui RT/RW dan Siapkan Dokumen Ini Agar Lolos

INGIN Dapat BLT BST Rp 500 Ribu Non PKH Dari Kemensos? Cukup Temui RT/RW dan Siapkan Dokumen Ini Agar Lolos

Kamis, 12 November 2020

Belajardirumah.org - Kabar baik, Kementerian Sosial (Kemensos) telah memberikan bantuan sosial tunai (BST) selama pandemi. Lalu bagaimana syarat untuk mendaftar bansos BST Rp500 Ribu Per KK non PKH?


Ke Mensos menganggarkan Rp4,5 triliun untuk 9 juta keluarga non-PKH untuk menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar masing-masing Rp500 ribu per KK


Bantuan Sosial Tunai akan disalurkan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak Covid-19 dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Pos Indonesia, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Berikut syaratnya:


• Kehilangan mata pencaharian di masa pandemi Covid-19.


• Telah terdaftar oleh RT/RT dan berada di Desa


• Tidak terdaftar sebagai bantuan sosial lain dari pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Kartu Prakerja.


• Melaporkan diri ke aparat desa jika tidak mendapatkan bansos program lain dan belum terdaftar oleh RT/RW.


• Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.


Lantas bagaimana jika tidak mendapat bantuan tersebut?


Berikut ini cara mengajukan diri untuk memperoleh BST Rp 500 ribu per KK atau Bansos Rp 500 ribu tersebut.


Cara membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai berikut:


1. Mendatangi pemerintah daerah setempat seperti RT/RW untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

2. Setelah mendaftar, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi cara pendaftaran pada tempat yang sudah ditentukan.

3. Data yang telah di lengkapi lalu di proses oleh HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara), kantor kelurahan, lalu kantor Walikota/Bupati.

4. Setelah lolos tahap verifikasi maka calon KPM akan dibuatkan rekening bank, dan Kartu Keluarga Sejahtera.


KKS ini, akan berfungsi sebagai kartu non tunai untuk mengambil berbagai bantuan dari pemerintah. Proses pencairannya, bansos ini akan ditransfer langsung ke rekening penerima melalui kartu keluarga sejahtera (KKS).


Setelah itu, pemegang kartu bisa mencairkan bantuan itu dengan cara tarik tunai di ATM atau kantor cabang bank mitra Kemensos (BNI, BRI, BTN, dan Mandiri), atau e-warong.


Lantas cara untuk mengecek apakah sudah terdaftar sebagai penerima bansos tunai atau tidak bisa melalui link cekbansos.siks.kemsos.go.id. Dalam aplikasi itu, Anda diminta memilih ID e-KTP atau data kepesertaan penerima bantuan iuran (PBI).


Demikian yang dapat admin berikan mengenai Cara Dapat dan daftar BST Non PKH Rp 500 Ribu Dari Kemensos, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua yang sedang mencari informasi mengenai pencairan BST Non PKH. ***