INILAH Jadwal dan Link Webinar Gratis Kemendikbud Asah Kemampuan Guru

Advertisement

INILAH Jadwal dan Link Webinar Gratis Kemendikbud Asah Kemampuan Guru

Jumat, 06 November 2020

Belajardirumah.org  -    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) kembali memberikan 5 web seminar gratis untuk mengasah keterampilan mengajar, keahlian abad 21, dan literasi dasar untuk guru. Lewat akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Ditjen GTK), Kemdikbud mengatakan, guru harus berubah agar tidak tergerus oleh waktu. 


“Memasuki awal November menjadi pertanda bahwa tahun 2020 segera berakhir. Jika kita tidak berubah, maka kita harus bersiap untuk tergerus oleh waktu,” tulis Ditjen GTK pada Minggu (1/11/2020).  


Bersama REFO Indonesia, Google Educators Group, dan Google for Education, Kemdikbud pun kembali menyelenggarakan Indonesia Edu Webinars untuk guru sejak Senin (2/11/2020) hingga Jumat (6/11/2020). 


Dalam sesi Indonesia Edu Webinars pekan ini, Kemdikbud akan membahas lebih dalam seputar literasi dasar terkait bagaimana mengajarkan konsep dan keilmuan kepada anak didik melalui cerita. “Ada sesi tentang strategi membaca literatur akademis dengan cepat dan tepat. Juga sesi lanjutan tentang menjaga kesehatan mental pada remaja dan guru, khususnya terhadap gangguan bipolar,” imbuh Ditjen GTK.


Selain itu, Kemdikbud mengajak pengajar untuk mempelajari cara mengembangkan karakter atau tokoh dalam pembuatan konten untuk membangun keterampilan belajar mengajar yang baru. Mengingat kurikulum saat ini, Kemdikbud juga memperkenalkan pengajar tentang pembelajaran interdisipliner yang merupakan salah satu konsep penting dalam kerangka (framework) keterampilan abad 21. 


Ditjen GTK berharap agar kelima web seminar ini bisa mempersiapkan guru dan anak didiknya untuk menyambut abad ke-21. “Semua sesi minggu ini diharapkan bisa memperlengkapi guru-guru dan anak didiknya dimanapun mereka berada, dalam persiapan menyambut abad 21,” ungkap Ditjen GTK.


Berikut ini merupakan daftar jadwal dan tautan untuk mengikuti Indonesia Edu Webinars minggu ini:


Senin, 2 November 2020 

Dari Cerita Sampai Menjadi Ilmu 

Waktu: pk. 11.00 – 12.00 WIB 

Pembicara: Debbie Khumara 

Tautan: bit.ly/ceritailmu  


Selasa, 3 November 2020   

Kiat Membaca Literatur Akademis yang Cepat dan Tepat Guna 

Waktu: pk. 18.30 – 19.30 WIB 

Pembicara: Dhama Gustiar Baskoro 

Tautan: bit.ly/literaturtepatcepat 


Rabu, 4 November 2020 

Tips Kilat Membuat Karakter Sendiri Waktu: pk. 18.30 – 19.30 WIB 

Pembicara: Enrico Jonathan 

Tautan: bit.ly/buatkarakter  


Kamis, 5 November 2020 

Mengenal Pembelajaran Interdisipliner untuk Keahlian Abad 21 

Waktu: pk. 18.30 – 19.30 WIB 

Pembicara: Yubali Ani 

Tautan: bit.ly/belajarinterdisiplin 


Jumat, 6 November 2020 

Kiat Menjaga Mental dari Bipolar 

Waktu: pk. 18.30 – 19.30 WIB 

Pembicara: Jovita Maria Ferliana dan Elnov 

Tautan: bit.ly/mentalbipolar 


Untuk informasi lebih rinci, peserta web seminar dapat menuju tautan bit.ly/indonesiaeduwebinars


Demikian jadwal webinar gratis kemdikbud untuk asah kemampuan guru, semoga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru semua..