JADWAL Cair BLT BSU BPJS Termin 2 Tahap 4 dan 5 , Simak Jawaban Menaker

JADWAL Cair BLT BSU BPJS Termin 2 Tahap 4 dan 5 , Simak Jawaban Menaker

Rabu, 18 November 2020

Belajardirumah.org - Mungkin banyak yang bertanya, Kapan Jadwal Cair BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Tahap 4 dan Tahap 5 , Berikut teman-teman karyawan bisa lihat jawaban Kemnaker dari pernyataannya yang lalu.


Bantuan BLT BSU BPJS Termin 2 cair dalam waktu yang berdekatan antara Tahap 1 (Senin, 9 November 2020), tahap 2 (Jumat, 13 November 2020), bantuan dicairkan dalam 1 minggu.


Dan bantuan BLT BSU BPJS Tahap 3 cair pada hari Senin 16 November 2020, sebagaimana tekad Kemnaker yang akan mencairkan bantuan dalam  satu minggu cair dua tahap, sehingga prediksi untuk Tahap 4 bisa cair pada minggu ini. Bahkan mungkin yang Tahap 5 juga.  


Baca Juga : TAHAP 3 Resmi Cair ! Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2 Sekarang di Rekening Himbara ( BRI, BNI, Mandiri, BTN ) dan non-Himbara atau swasta ( BCA, CIMB Niaga dan lainnya )


"Kami upayakan dalam satu minggu bisa diproses dua tahap (batch) langsung, sehingga dapat segera diterima teman-teman pekerja/buruh untuk membantu daya beli dan konsumsi masyarakat," kata Menaker Ida. Dirangkum mantrasukabumi.com dari laman kemnaker.go.id pada Rabu 18 November 2020.


Hal ini disampaikan Menaker Ida Fauziyah sebagai Pimpinan Kemnaker pada Senin (9 November 2020), saat pemberitahuan pencairan bantuan BLT BSU BPJS Termin 2 Tahap 1.


“Percepatan penyaluran ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk membantu daya beli pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19”, ujar Menaker Ida Fauziyah.


Dari penjelasan pihak Kemnaker yang disampaikan oleh Menaker Ida Fauziyah, jelas bahwa pihak pemerintah menginginkan pencairan bantuan BLT BSU BPJS Termin 2 mengupayakan mempercepat, agar bisa secapatnya diterima oleh karyawan.


Jika dilihat dari realisasi sementara penyaluran bantuan BLT BSU BPJS termin 2, tahap 1 telah tersalurkan kepada 844.083 pekerja/buruh atau 38,71 persen.


Sedangkan tahap 2 telah tersalurkan kepada 685.427 pekerja/buruh atau 25,26 persen. Jumlah anggaran yang sementara tersalurkan dari tahap 1 dan 2 sebesar Rp1,8 triliun.


Laporan sementara dari Bank Penyalur per 15 November kemarin, realisasi penyaluran untuk termin kedua secara total tahap 1 dan tahap 2, sudah mencapai 1,5 juta orang.


Dengan disalurkannya tahap 3, secara keseluruhan pada termin 2 ini Kemnaker telah menyalurkan BLT BSU BPJS kepaa 8.042.847 pekerja/buruh.


Menaker Ida Fauziyah menjelaskan bahwa pihaknya mengupayakan mempercepat penyaluran bantuan BLT BSU BPJS termin 2. Ia juga memastikan bahwa tidak ada penundaan penyaluran termin 2 baik Tahap 1, Tahap 2 dan seterusnya.


"Sebelumnya Kami mendapat informasi bahwa penyaluran termin 2 ditunda. Hal itu tidak benar. Buktinya, termin 2 tahap 1 sudah disalurkan sejak Hari Senin (9 Nov.), dan hari ini dilanjutkan untuk tahap 2," kata Menaker Ida menjelaskan.


Bantuan pemerintah berupa bantuan BLT BSU BPJS adalah salah satu program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).


Bantuan BLT BSU BPJS ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat yaitu WNI; pekerja penerima upah; tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020; upah di bawah Rp5 juta; dan memiliki rekening aktif. 


Demikian informasi mengenai pertanyaan Kapan Jadwal Cair BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Termin 2 Tahap 4 dan 5 ? yang teman-teman barusan simak jawaban dari kemnaker, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang sedang menunggu pencairan BLT BPJS Teriman 2 Tahap 4 dan 5. Sekian dan terima kasih atas kunjungan sobat semua disitus belajardirumah.org.***

close