KAPAN Jadwal BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2, Tahap 4 dan 5 Cair? Simak Jadwal dan Penjelasannya

KAPAN Jadwal BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2, Tahap 4 dan 5 Cair? Simak Jadwal dan Penjelasannya

Selasa, 17 November 2020

Belajardirumah.org - Sekerdar informasi Dalam penyaluran Bantuan SUubsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT), kepada pekerja atau buruh dengan penghasilan perbulan kurang dari Rp5 juta, terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan aktif, dan memiliki nomor aktif kini memasuki pencairan gelombang kedua untuk tahap ketiga. Simak Jadwal Pencairan dari kemnaker dibawah ini.


Pada awal bulan November 2020, tepatnya pada tanggal 9 November 2020 tahap pertama gelombang kedua mulai disalurkan, dengan capaian target penyaluran hingga 15 November 2020 yaitu 38,71 persen atau telah disalurkan 844.083 penerima.


Selanjutnya pada tanggal 13 November 2020, telah mulai disalurkan untuk tahap kedua gelombang kedua, dengan capaian target penyaluran 25,26 persen atau 685.427 pekerja.


Sedangkan untuk tahap ketiga gelombang kedua mulai disalurkan pada 16 November 2020, dengan target yang akan disalurkan yaitu 3.149.031 penerima.


Dikutip dari laman Kemnaker.go.id, Menteri Ketenagakerjaan yaitu Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker pada 16 Novemner 2020 menjelaksan bahwa, “Hari ini, termin kedua subsidi gaji/upah untuk tahap III kembali disalurkan. 


Sesuai dengan komitmen yang telah kami sampaikan sebelumnya, proses penyaluran subsidi gaji atau upah kami percepat karena datanya mengacu pada para penerima di termin I yang lalu yang sudah clear and clean. Percepatan penyaluran ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk membantu daya beli pekerja atau buruh yang terdampak pandemi Covid-19.”


Hal ini menjelaskan bahwa pihak Kemnaker akan berusaha mempercepat proses penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan. Terlihat dari periode setiap tahap pencairan yang dilakukan pada gelombang kedua, memiliki rentang kurang dari 5 hari.


Ada peluang untuk tahap ke empat dan tahap kelima disalurkan pada pekan ketiga atau pekan keempant bulan November 2020. Informasi lebih lanjut tentang kabar terbaru pencairan BSU atau BLT BPJS Ketenagakerjaan akan diinformasikan lebih lanjut oleh Tim Media Blitar.


Pihak Kemnaker juga menjelaskan bahwa penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan disalurkan bertahap pada bulan November hingga Desember 2020, dengan dana BSU atau BLT BPJS Ketengakerjaan gelombang kedua yang disalurkan yaitu Rp1,2 juta.


Ida juga meminta kepada pekerja atau buruh yang menerima BSU atay BLT BPJS Ketenegakerjaan untuk bersabat menunggu pencairan ke rekening masing-masing penerima.


"Sisanya masih dalam proses penyaluran dan terus kami monitor perkembangan penyalurannya. Saya mohon agar para pekerja/buruh bersabar karena jumlah dana yang harus ditransfer Bank Penyalur ke masing-masing rekening penerima cukup besar, baik yang rekeningnya Bank Himbara maupun yang rekeningnya Bank Swasta,” jelas Ida. 


Demikian yang dapat admin belajardirumah.org berikan mengenai Jawaban Pertanyaan Kapan BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2, Tahap 4 dan 5 Cair? Semoga penjelasan dari Kemnaker dapat diterima dan bermanfaat untuk teman-teman semua yang sedang mencari jadwal pencairan BLT BPJS Gelombang 2 Tahap 4 dan 5. Sekian dan terima kasih ataskunjungan teman-teman semua. ***