KAPAN Jadwal BLT BSU BPJS Tahap 5 Cair? Menaker Ida Fauziyah Minta yang Tak Dapat Lapor Kesini

KAPAN Jadwal BLT BSU BPJS Tahap 5 Cair? Menaker Ida Fauziyah Minta yang Tak Dapat Lapor Kesini

Senin, 23 November 2020

Belajardirumah.org - Kabar baik untuk rekan-rekan pekerja atau karyawan semua,  BLT Subsidi Gaji tahap 5 segera cair. Menengok BLT Subsidi Gaji tahap 4 telah cair kepada 2,44 juta karyawan untuk periode November-Desember 2020. Pertanyaannya kapan BLT Subsidi Gaji BPJS Tahap Lima Cair? Coba Simak penjelasan menaker dibawah ini sekaligus cara lapor jika tidak dapat.


Dengan penyaluran tahap 4 itu maka sampai saat ini Kemnaker telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) termin kedua kepada 10,48 juta penerima atau 84,5 persen dari keseluruhan penerima yang mencapai 12,4 juta orang.


Rincian penyaluran termin kedua sejauh ini adalah tahap I disalurkan kepada 2.180.382 orang, tahap II disalurkan kepada 2.713.434 orang, tahap III disalurkan kepada 3.149.031 orang dan tahap IV untuk 2.442.289 orang.


Bagi pekerja yang merasa berhak mendapatkan BSU tapi masih belum menerima, Menaker Ida mendorong agar segera melapor ke manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu dilakukan agar data pekerja yang kurang dapat diperbaiki.


"Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker," ujar Menaker Ida Fauziyah.


BSU adalah subsidi yang diberikan bagi pekerja formal berpendapatan kurang dari Rp5 juta per bulan yang terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2020.


Bantuan pemerintah berupa subsidi sebesar Rp600.000 per bulan itu disalurkan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta.


Subsidi gaji itu disalurkan secara bertahap, yakni termin pertama kepada masing-masing penerima sebesar Rp1,2 juta pada September-Oktober 2020 dan termin kedua sebesar Rp1,2 juta pada November-Desember 2020.


Jika sudah memenuhi syarat, saatnya cek dahulu apakah kamu diajukan sebagai penerima BLT subsidi upah. Untuk pengecekan bisa dilakukan melalui cara berikut ini.


1. Melalui link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Melalui aplikasi BPJSTKU

3. Melalui laman kemnaker.go.id


Sudah memenuhi syarat dan diajukan sebakan penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan namun belum dapat? Kamu bisa lapor agar bantuan subsidi upahmu bisa cair.


Pekerja yang belum dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan atau subsidi upah bisa lapor melalui cara berikut ini.


1. Melalui telepon 021-50816000

2. Melalui whatsapp 08119303305

3. Melalui layanan aduan di kemnaker.go.id

a. Login terlebih dahulu di kemnaker.go.id

b. Pilih layanan

c. Klik pusat bantuan

d. Klik pengaduan

e. Lalu buat pengaduan


Demikian informasi terbaru dari belajardirumah.org mengenai pertanyaan Kapan Jadwal BLT BSU BPJS Tahap 5 Cair? Menaker Ida Fauziyah Minta yang Tak Dapat Lapor. Sekian dan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia.***